WABUP BELU: PENTINGNYA MENGURUS ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (11/06), Administrasi Kependudukan menjadi sangat penting dan merupakan dasar utama untuk kelengkapan berbagai administrasi lainnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari. Kegiatan yang mengambil judul “Optimalisasi Kinerja Koordinasi Pelayanan Administarsi Kependudukan” ini merupakan salah satu inovasi dalam rangka pelaksanaan proyek perubahan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (PIM) tingkat III angkatan XXIII Provinsi NTT Tahun 2019 yang diangkat oleh Camat Atambua Barat – Delviana R. Beni,S H yang juga sebagai salah satu peserta PIM III.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan saat melaunching kegiatan optimalisasi kinerja koordinasi pelayanan administrasi kependudukan pada Kecamatan Atambua Barat, di Masjid Agung Al- Mujahidin Atambua Kelurahan Berdao Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu.

“Dalam setiap urusan yang berkaitan dengan kehidupan kita, seperti urusan Pasport, SIM, Kredit dan urusan lainnya, hal utama yang harus dipenuhi adalah KTP. Selain KTP adapun Kartu keluarga dan administrasi lainnya. Karenanya melalui kegiatan optimalisasi kinerja koordinasi pelayanan administrasi kependudukan, yang merupakan proper peserta PIM III ini sangat mempermudah masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan,” tegas Wabup Belu.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk dan tabel

Lebih lanjut, Ia menambahkan identitas kependudukan yang berkaitan dengan administrasi kependudukan menjadi suatu dasar berpemerintahan di Republik Indonesia baik dari tingkat bahwa sampai tingkat atas. Oleh karena itu, melalui kegiatan seperti ini kinerja pelayanan administrasi lebih dioptimal lagi dalam tahapan jangka panjang dalam jabatannya sebagai Camat.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengembangkan dan mengoptimalkan pelayanan supaya lebih tepat, cepat dan lebih mengena. Bukan lagi memberikan kesulitan kepada masyarakat,” imbuh Drs. J. T. Ose Luan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Hal senada juga disampaikan Peserta pendidikan dan pelatihan (PIM) tingkat III, Delviana R. Beni, SH selaku penyelenggara menjelaskan dokumen kependudukan merupakan suatu kebutuhan yang wajib dipenuhi dalam seiap kepengurusan administrasi baik dari tingkat bawah sampai tingkat atas. Maka itu, perlu dilakukan pemahaman secara terus menerus melalaui kegiatan seperti ini.

“Peningkatan pemahaman masyarakat terkait pengurusan administrasi dapat dilakukan melalui kegiatan ini sehingga untuk mengurus dokumen kependudukan tidak lagi merasa kesulitan atau susah, ” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan launching optimalisasi kinerja koordinasi pelayanan administrasi kependudukan ini Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Belu, Maria Goreti Kiik, SH yang juga sebagai Mentor atau Pembimbing peserta PIM III.

Foto/berita: Norci Man & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.