USKUP ATAMBUA TAHBIS 6 IMAM BARU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU –- Selasa (01/10), Uskup Keuskupan Atambua – Mgr. Dr. Dominikus Saku, Pr didampingi Imam Konselebranstes memimpin perayaan misa pentahbisan Imam baru dengan tema “Misionaris Yang Rendah Hati dan Sederhana”. Para Imam baru yang ditahbiskan yakni Diakon Andreas Nabu, FdCC, Diakon Benediktus Bnani, SVD, Diakon Benny Ardial Raydais,SVD, Diakon Didimus Supardi, SChP, Diakon Petrus Tamonob, SVD dan Diakon Silvanus Nairale, SVD bertempat di Biara St. Yosef Nenuk, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Acara pentahbisan berlangsung hikmat dan meriah serta dihadiri oleh Para Imam Pendamping (Vikjen, Provinsial, Uskup Emeritus, para Deken), Biarawan – Biarawati, para pimpinan OPD Pemkab Belu, keluarga para Imam baru serta ratusan umat dari tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Belu, Kabupaten TTU dan Kabupaten Malaka. Perayaan misa ini dimeriahkan oleh koor dari para Frater Seminari Lalian Atambua.

Uskup Atambua dalam ritus pembukanya mengatakan, Tuhan dari kelimpahan –Nya telah berkenan memanggil dan memilih dari antara kita, saudara – saudara kita untuk ditahbiskan menjadi Imam. Tugas seorang Imam adalah menghadirkan keselamatan Tuhan bagi umatnya. Keenam orang saudara kita ini akan menjadi Misionaris Injil Tuhan, misionaris yang rendah hati dan sederhana. Mereka akan diurapi untuk menjadi pendoa dan pekerja bagi umat Beriman demi pembangunan Kerajaan Allah.

“ Semoga dengan urapan imamat suci para diakon ini akan menjadi pewarta Sabda Allah dan pelayan Sakramen yang layak dan setia demi kemulian Tuhan dan keselamatan manusia. Kamu akan bertindak demi nama Kristus dalam tugas pengudusan umat. Karena pelayananmu, kurban rohani disajikan dan persatuan dengan kurban tak berdarah Kristus yang kamu persembahkan melalui tanganmu di altar dalam korban misa. Kamu juga akan berperan dalam tugas Kristus, kepala gereja dan gembala. Hendaknya kamu berusaha untuk mengumpulkan umat dalam satu keluarga, supaya kamu sanggup menuntunnya kepada Allah Bapa dengan perantaraan Kristus dalam kekuatan Roh Kudus,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Diakon Didimus Supardi, SChp mewakili Imam baru menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama, meluangkan waktu mensukseskan acara tahbisan imam baru. Karena itu, dirinya memohon dukungan dan doa dari umat untuk tugas pelayanan baru bagi mereka.

Setelah khotbah, dilanjutkan dengan acara penumpangan tangan oleh Uskup kepada para calon imam kemudian pemakaian stola dan kasula, pengurapan kedua telapak tangan dengan minyak krisma dan penyerahan piala.

Untuk diketahui, enam orang diakon yang ditahbiskan menjadi Imam terdiri dari 4 orang dari Serikat Sabda Allah yakni Diakon Benediktus Bnani, SVD akan diutus ke Provinsial Argentina, Diakon Ardial Raydais, SVD akan diutus ke provinsial Mexiko, Diakon Petrus Tamonob, SVD akan diutus ke provinsial Papua Nugini dan Diakon Silvinus Nairale akan diutus ke Provinsial Papua Nugini. Sedangkan 2 orang sekolah Bios yakni Diakon Andreas Nabu, FdCC akan diutus ke provinsial Timor Leste dan Diakon Didimus Supardi, SChp akan diutus di atambua.
Foto/Berita: Frans Leki & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.