UPAYA PENURUNAN STUNTING DINKES  BELU GELAR PERTEMUAN ANALISIS SITUASI STUNTING

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (05/02), Dinas Kesehatan Kabupaten Belu menggelar pertemuan Analisis Situasi Stunting Tingkat Kabupaten Belu, pertemuan ini dibuka secara resmi Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan.

Pertemuan Analisis Situasi Stunting ini bertujuan untuk membantu pemerintah  kabupaten/kota  dalam menentukan program /kegiatan yang diprioritaskan  alokasinya dan menentukan upaya perbaikan manajemen layanan untuk meningkatkan akses rumah tangga 1000 hari pertama kehidupan terhadap intervensi gizi spesifik maupun sensitif.

Wakil Bupati Belu usai membuka kegiatan mengatakan pertemuan ini merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk menurunkan dan mencegah presentasi stunting di Kabupaten Belu, karena Kabupaten Belu prevalensi stunting berada di bawah secara nasional dan provinsi.

‘’ Penurunan angka stunting ini bukan berarti membuat kita puas dan bangga tetapi kita harus selalu berusaha untuk bagaimana dinas-dinas terkait    bekerjasama  mencegah stunting untuk mencapai generasi yang sehat, berkualitas pada tahun 2045,’’ kata Wabup.

Wabub menjelaskan kegiatan seperti ini untuk mensosialisasikan, sehingga pelaksanaan kegiatan untuk bagaimana mencegah dan upaya penurunan stunting melalui pendekatan-pendekatan intervensi pemerintah ke stunting perlu diupayakan setiap saat karena membangun sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas butuh penanganan yang serius.

Lanjut wabup pertemuan hari ini akan lebih difokuskan pada upaya percepatan penangulangan stunting. Berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (RISKESDAS), prevalensi balita stunting di Indonesia sebesar 37,2% pada tahun 2013, dan pada tahun 2018 sebesar 30,8%, dari target RPJMN bidang kesehatan tahun 2019 sebesar 28%. Sedangkan hasil riskesdas untuk provinsi NTT tahun 2013 sebesar 51,7%, tahun 2018 sebesar 42,6%.Untuk Kabupaten Belu Prevalensi stunting sebesar 26,95 pada tahun 2018 sementara pada tahun 2019 sebesar 21,23%.

Hadir pada pertemuan ini Penjabat Sekda Belu, pimpinan OPD, Kepala Puskesmas se – Kabupaten Belu.

Berita/Foto: Ria M, Dion Luan & Cransen F

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.