UJI KEMAMPUAN KADER POSYANDU, KELURAHAN MANUAMAN GELAR LOMBA ASAH TERAMPIL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU–Kamis (12/09), Kelurahan Manuaman Kecamatan Atambua Selatan menyelenggarakan Lomba Asah Terampil tingkat Kelurahan Manuaman bagi para kader posyandu se-Kelurahan Manuaman bertempat di aula Kantor Lurah Manuaman.

Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang tersenyum, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan

Berbagai kegiatan lomba asah terampil yang diselenggarakan oleh Kelurahan Manuaman yakni lomba Yel-yel, Cerdas Cermat dan Penyuluhan. Lomba asah terampil tingkat Kelurahan Manuaman ini merupakan salah satu program yang baik untuk mengingatkan kembali para kader posyandu dalam tugas sebagai kader posyandu yang baik dalam melayani kesehatan ibu dan anak serta menguji kemampuan tentang pengetahuan para kader posyandu yang ada di Kelurahan Manuaman.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang tersenyum, orang duduk dan dalam ruangan

Ada 9 peserta kelompok kader posyandu yang mengikuti lomba asah terampil tingkat Kelurahan Manuaman antara lain Posyandu Pelangi, Posyandu Fatubaun, Posyandu Senyum, Posyandu Gesit, Posyandu Gemari, Posyandu Rembulan, Posyandu Kasih, Posyandu Cerdik dan Posyandu Sumami. Dalam Lomba Cerdas Cermat ini meliputi babak pengisian dan babak rebutan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Lurah Manuaman – Selviana Seran, S.IP mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi semangat para kader posyandu dalam menjalankan tugas mereka serta memperjelas dan mengingatkan kembali mereka akan tugas pokok dan fungsi pokok mereka terkait posyandu dalam rangka mewujudkan tingkat pelayanan kesehatan yang lebih berkualitas di Kelurahan Manuaman, sehingga para kader posyandu tidak asal melayani kesehatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak. Materi-materi yang di berikan yakni materi Prilaku Hidup Sehat, Kesehatan Ibu dan Anak, Program KB, dan materi tentang kegiatan tugas pokok dari anggota kader posyandu karena posyandu ini masuk dalam pokja empat PKK. Dalam kegiatan lomba asah terampil ini mengambil tema mencegah Stunting.

Adapun harapannya untuk kualitas kesehatan ibu dan anak di Kelurahan Manuaman lebih baik lagi, kualitas dan kapasitas para kader juga meningkat dalam menunjang kegiatan posyandu dengan kiat – kiat khusus yang pada sasarannya mereka bisa langsung door to door kepada sasaran yang tidak datang pada saat posyandu berlangsung.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang berdiri

Kegiatan ini rutin di laksanakan setiap tahun, dengan harapan kedepan kegiatan seperti ini bisa bervariasi lagi. Peserta sangat antusias dalam perlombaan ini karena ini juga menjadi ajang untuk mencari bibi-bibit unggul dalam rangka mengikuti program tahunan di tingkat Kecamatan dan Kabupaten, katanya.

Sementara itu salah satu peserta Kader Posyandu Senyum – Yovita Luci Bria mengungkapkan kegiatan lomba asah terampil ini di lakukan sangat bagus karena untuk melatih kami sebagai kader dan meningkatkan pengetahuan kami tentang tugas-tugas kader pada umumnya di posyandu serta memotifasi kami tidak hanya sebagai kader saja di masyarakat tetapi lebih mengembangkan kreatifitas kami untuk melayani masyarakat terutama di wilayah Kelurahan Manuaman.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Dirinya juga sangat senang dan bangga karena pada lomba cerdas cermat mereka meraih juara 1, walaupun dengan limit waktu yang sedikit kami bisa mempersiapkan diri dengan baik. Kami berharap dengan diadakan lomba asah terampil ini kedepannya bisa dilaksanakan lagi sehingga bisa memberi semangat kepada para kader posyandu yang ada di Kelurahan Manuaman.

Sebagai informasi pemenang dalam lomba asah terampil ini yang meraih juara 1 Posyandu Senyum, juara 2 Posyandu Kasih dan juara 3 Posyandu Gesit. Kepada masing –masing pemenang di berikan hadiah berupa piagam dan uang pembinaan dengan rincian Juara 1 sebesar Rp. 1.750.000,- (Satu Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), Juara 2 sebesar Rp. 1.500.000,- ( Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan Juara 3 sebesar Rp. 1.250.000,- (Satu Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang berdiri dan dalam ruangan

Sebagai dewan juri pada Lomba Asah Terampil tingkat Kelurahan Manuaman yakni Kristina Berek Bria, Leonora Ati dan Vinsensius Moruk.

Selain Lurah Manuaman – Selviana Seran, S.IP, tampak hadir pada kegiatan tersebut antara lain Sekretaris Camat Atambua Selatan- Vinsensius Moruk, Babinsa dan Babinkamtibmas Kelurahan Manuaman serta para Kader Posyandu Kelurahan Manuaman.

Berita /Foto : Mercy Aton & Wilson Bau

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.