TINGKATKAN PRODUKSI, BUPATI AJAK MASYAKAT DESA TUKUNENO TERUS KEMBANGKAN TANAMAN JAMBU METE

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (28/06), Tanaman jambu mente merupakan salah satu komoditi yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan bahkan kaya manfaatnya. Salah satu manfaat yang umum dimanfaatkan oleh masyarakat adalah dengan mengolah menjadi bahan makanan ringan yang unik dan bercita rasa tinggi seperti kacang mente, termasuk di Desa Tukuneno Kecamatan Tasifeto Barat, masyarakat memanfaatkan komoditi ini untuk meningkatkan penghasilan mereka.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang berdiri, pohon, tanaman, luar ruangan dan alam

Untuk menyikapi hal itu, Masyarakat Desa Tukuneno Kecamatan Tasifeto Barat diminta untuk terus mengembangkan tanaman produktif seperti jambu mente, guna meningkatkan pendapatan keluarga. Pernyataan ini disampaikan Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH pada pertemuannya bersama masyarakat di Desa Tukuneno Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang berdiri, pohon, anak, luar ruangan dan alam

Bupati mengatakan di Desa Tukuneno ini kaya akan tanaman jambu mente, seharusnya komoditi ini menjadi produk unggulan di Desa Tukuneno.

“Saya melihat di Desa Tukuneno ini banyak tanaman jambu mente. Tanaman jambu mente memiliki manfaat dan nilai jual yang cukup tinggi. Karena itu, untuk menambah penghasilan, masyarakat tukuneno harus menjadikan produk unggulan di Desa ini,” imbuh Bupati Belu.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, untuk lahan – lahan tanah yang ada di Desa ini dimanfaatkan untuk menanam produk yang bernilai ekonomis bukan dijual ke orang lain. Karena menurutnya tanaman seperti mente ini sangat membantu perekonomian keluarga.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang berdiri, pohon, anak, tanaman, luar ruangan dan alam

“Tanah yang kosong ini kita tanam jambu mente, jangan jual tanah. Supaya jangan jual tanah, kedepannya masyarakat tanam jambu mete,” ujarnya.

Bupati mengharapkan agar masyarakat di Desa Tukuneno terus membudidaya tanaman jambu mente dan tidak asal – asal merawatnya. Karena dengan merawat tanaman ini dari sekarang, akan membantu meningkatkan taraf hidup keluarga kedepannya.

“Rawat tanaman ini seperti anak sendiri. Sehingga bisa menghasilkan buah yang sarat dan dimanfaatkan untuk menghasilkan uang,” tegas Bupati.

Berita/Foto: Norci Man, Bene Luan & Dion Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.