TATAP MUKA BERSAMA PANITIA PILKADES DAN CALON KADES TAHUN 2019-2025

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU-Selasa (24/09), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belu mengadakan kegiatan tatap muka bersama Panitia Pilkades dan Calon Kades Periode tahun 2019-2025 bertempat di Aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan agar 33 Desa dari 69 Desa di Kabupaten Belu yang akan melakukan pemilihan Kepala Desa secara serentak pada tanggal 16 Oktober 2019 mendatang.

Dalam sambutannya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Belu – Maria Goreti Kiik, SH menyampaikan bahwa tatap muka hari ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan panitia di tingkat Kecamatan dan Desa untuk dibahas bersama Panitia Pemilihan Kabupaten untuk membicarakan hal-hal yang menjadi acuan pelaksanaan pemilihan kepala desa bagi 115 orang calon Kepala Desa dari 33 desa yang akan mengikuti pemilihan serentak. Jumlah TPS serta kotak suara yang sudah di siapkan sebanyak 122 (seratus duapuluh dua ) kotak, bilik suara sebanyak 391 (tiga ratus sembilan puluh satu), panitia sebanyak 483 orang (empat ratus delapan puluh tiga), dan pemilih sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 42.162 (empat puluh dua ribu seratus enam puluh dua) orang.

Lebih lanjut Asisten I juga menegaskan bahwa pada saat pengumuman jadwal harus memuat secara jelas hari, tanggal serta tempat dan waktu pelaksanaan, sehingga masyarakat kita pasti akan datang untuk memilih. Pelaksanaan kegiatan pemilihan harus berpedoman pada Perda Nomor 06 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa, Perda Nomor 10 Tahun 2017 tentang Perubahan Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa. Dan panitia pemilihan kepala desa wajib menunjukan tempat pemungutan suara yang muda di jangkau oleh masyarakat.

Maria Goreti juga mengatakan sebelum diadakan pemilihan, panitia bersama Calon Kepala Desa harus melaksanakan verifikasi nomor urut, foto dan nama calon Kepala Desa pada surat suara yang akan di cetak oleh panitia Kabupaten, dan jumlah TPS serta kelengkapan pemilihan lainnya. Kepada calon incumbent pada saat pelaksaana kampanye tidak menggunakan aset pemerintah sesuai ketentuan Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa. Sedangkan surat pemberitahuan kepada pemilih di sampaikan satu minggu sebelum melaksanakan pemilihan, penulisanya harus sesuai dengan DPT, dari masing-masing TPS bukan DPT umum desa. Dan pada pemungutan suara pemilihan Kepala Desa pada daftar pemilih yang menggunakan DPT adalah dari DPT yang di tetapkan panitia pemilihan.

Kepada para calon Kepala Desa yang berasal dari luar desa hanya mempunyai hak di pilih tetapi tidak ikut memilih (mencoblos). Dirinya juga berharap agar pilkades ini bisa berjalan dengan baik, aman dan tertib sesuai dengan aturan yang di tentukan. Judi dan minuman keras di larang saat pemilihan berlangsung, tegas asisten.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Belu – Januaria Nona Alo, S.IP mengatakan kepada para calon incumbent bahwa masa jabatan boleh berakhir tetapi tanggung jawab belum berakhir apabila belum mempertanggung jawabkan serah terima, tidak boleh mempergunakan fasilitas negara saat berkampanye, dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah mereka yang berdomisili di desa tersebut serta di buktikan dengan KTP, dan panitia harus meniliti baik-baik DPT yang di serahkan kepada masyarakat terkait hari dan tanggal pemilihan.

“ Pada hari ini juga akan di adakan penunjukan kembali nama-nama para calon Kepala Desa kepada yang bersangkutan apabila ada penulisan nama atau gelar yang salah akan langsung di rubah oleh Panitia Kabupaten. Sehingga pada saat tanggal 16 Oktober 2019 mendatang tidak akan ada masalah, serta Panitia Desa tidak punya hak untuk mencetak tambahan surat suara. Diminta kepada seluruh lapisan masyarakat maupun penyelenggara harus tetap menjaga sopan santun, adat dan budaya serta kerabat kita,” tegasnya.

Hadir pada acara tatap muka ini selain 115 Calon Kepala Desa dari 33 desa juga hadir Panitia Pemilihan Kepala Desa tingkat Desa dan Kecamatan.
#kominfo #kominfobelu #atambua #atambua #atambuakotaperbatasan
.
.
Berita/Foto: Auxiladora & Cransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.