RAT USAHA BERSAMA SIMPAN PINJAM (UBSP) DEBULIAN TAHUN BUKU 2019

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Kamis (19/09), Bupati Belu -Willybrodus Lay, SH menghadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) Debulian Tahun Buku 2019 berlangsung di Halaman Kantor Desa Mane Ikun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan luar ruangan

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) Debulian Tahun Buku 2019 merupakan salah satu bentuk usaha bersama simpan pinjam (UBSP) dan merupakan salah satu inisiatif masyarakat Desa Maneikun dan difasilitasi oleh Yayasan Mitra Tani Mandiri, yang terbentuk sejak tanggal 20 Juni 2006. Dengan modal awal pembentukan 600 ribu dengan jumlah anggota 20 orang, modal yang dikembangkan secara swadaya berkembang hingga saat ini. Besar simpanan menjadi Rp.809.410.500.000,- (delapan ratus sembilan juta, empat ratus sepuluh, lima ratus ribu rupiah) dengan anggota sekarang 97 orang dan manfaat yang dirasakan masyarakat yakni pinjaman untuk biaya pendidikan anak sekolah, kebutuhan rumah tangga dan usaha.

Pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) Debulian Tahun Buku 2019 ini juga dilakukan penyerahan sisa hasil usaha kepada anggota dengan jumlah simpanan tertinggi yang di serahkan secara langsung oleh Bupati Belu kepada empat orang perwakilan anggota Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) Debulian Desa Maneikun.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Bupati Belu dalam arahannya mengatakan melalui pendampingan dari Yayasan Mitra Tani Mandiri dari tahun 2006 hingga sekarang yakni 13 tahun, total simpanannya adalah delapan ratus juta lebih, pembagian sisa hasil usaha tertinggi yakni diberikan kepada 4 orang ibu dan 1 orang bapak, keanggotaannya kebanyakan adalah ibu-ibu, dan ini sangat luar biasa.

” Dari 97 anggota total simpananya adalah delapan ratus juta lebih dan hari ini ada pembagian SHU total semuanya Rp.305.600.000,- (tiga ratus lima juta enam ratus ribu rupiah) dan pemdes serta bapeda ini merupakan salah satu contoh bagi desa –desa lain, dan kalau bisa untuk Desa Maneikun bersama seluruh pengurus kita undang ke Kabupaten serta mengundang desa – desa lainnya, selanjutnya kita akan membuat seminar dan mempresentasikan hasil yang luar biasa ini sehingga bisa dijadikan contoh kepada desa – desa yang ada di wilayah Kabupaten Belu,” kata Bupati Willy.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang berdiri dan orang duduk

Lebih lanjut Bupati juga menyebutkan Sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Kabupaten Belu, melalui Dinas Pekerjaan Umum dengan memberikan jalan aspal sepanjang 1 km untuk jalan masuk, dan ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata Pemerintah kepada masyarakat yang luarbiasa. Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk membasmi rumput aisukar (tanaman hama), dan kalau bisa kita membuat produk-produk unggulan agar dunia luar bisa mengetahuinya.

Gambar mungkin berisi: 13 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Ketua Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) Debulian – Vincensius M. Ruben mengatakan, hari ini kita melakukan Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) dan yang terutama adalah kita melakukan pembagian SHU yang dilakukan setiap tahunnya. Sebagai Ketua sekaligus anggota dirinya juga mengatakan bahwa UBSP ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dengan jumlah anggota awal sebanyak 20 orang dengan modal awal sebesar Rp.600.000,- (enam ratus ribu rupiah) dan hingga saat ini jumlah anggota bertambah menjadi 97 orang dengan jumlah modalnya Rp.809.000.000,- (delapan ratus sembilan juta rupiah) dan hari ini dilakukan pembagian SHU sebesar Rp.305.600.000,- ( tiga ratus lima juta enam ratus enam ribu rupiah). Dan jumlah SHU tertinggi atas nama Martinus Nono dan akan menerima SHU sebesar 7 juta lebih dan dikuti oleh 5 orang lainnya.

Nama – nama penerima sisa Hasil Usaha tertinggi pada Usaha Bersama Simpan Pinjam (UBSP) Debulian ini diantaranya adalah Martinus Nono sebesar Rp.7.442.000,-, Fitriani Mau SHUnya sebesar Rp.6.730.000,-, Vincensius M.Ruben SHUnya sebesar Rp.6.515.000,-, Regina Martins SHUnya sebesar Rp.6.149.000,- dan Kanisesien SHUnya sebesar Rp.5.901.000.

Berita/Foto: Asih Mukti, Hengky Mao & Dion Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.