RAT SEBAGAI KEKUASAAN TERTINGGI BAGI SETIAP KOPERASI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU, Jumat (29/03), Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan Kopensetda Kabupaten Belu Tahun Buku 2018 tentang Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Koperasi Kopensetda bertempat di Aula Hotel Paradiso Atambua.

Penyelenggaraan RAT ini merupakan kewajiban tahunan pengurus berdasarkan Undang–Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Implementasinya serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Kopensetda Kabupaten Belu No.140/BH/PAD/KWK.24/IX/1996 tanggal 17 Sepetember 1996. Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2018 ini bertujuan untuk memberikan gambaran kegiatan pengurus yang di laksanakan dalam Tahun buku 2018 dan menyampaikan rencana program kerja serta anggaran pendapatan dan belanja Tahun 2018 sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas–tugas pengurus dan pengawas.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan memberikan apresiasi kepada pengurus dan pengawas kopensetda yang tetap setia dalam memberikan kebaikan dan kemakmuran bagi masyarakat dan RAT ini merupakan ajang evaluasi terhadap kinerja tentang kepengurusan dan kinerja kepengawasan.
“Berusaha atau berupaya, berdagang dan berbisnis beda dengan perusahaan, karena perusahaan memperoleh keuntungan bersinergi untuk kepentingan perusahaannya sendiri tetapi beda dengan koperasi. Koperasi berpikir tentang kesejahteraan dan kemakmuran anggota dengan hasil usaha yang dihasilkan oleh masing masing anggota,” ujar Wabup.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu Drs. Hassan Mukin, mengungkapkan dirinya sangat memberikan apresiasi yang besar kepada koperasi kopensetda karena inovasi–inovasi yang di lakukan oleh pengurus kopensetda merupakan inovasi yang sangat luar biasa. “Tahun ini kopensetda mengalami penurunan karena di akibatkan banyaknya anggota yang mengalami tunggakan,” kata Kadis.

Kadis juga menegaskan agar seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Belu lebih meningkatkan lagi kapasitasnya karena masih dalam posisi Level Primer tingkat Kabupaten, sehingga bisa mengembangkan usahanya menjadi primer Tingkat Provinsi dan Primer Tingkat Nasional.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang tersenyum, orang duduk Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang tersenyum, orang duduk dan dalam ruangan

Pada tempat yang sama Ketua Kopensetda Kabupaten Belu, Drs. Silverius Mau, juga menjelaskan bahwa RAT ini dilaksanakan karena merupakan amanat undang–undang dan amanat perkoperasian, koperasi wajib melaksanakan rapat anggota tahunan, karena yang memegang kekuasaan tertinggi adalah para anggota koperasi,’’ tegas Ketua Kopensetda.

Silverius juga mengatakan Tahun 2018 ini banyak SHU yang menurun di bandingkan dengan Tahun 2017 yang lalu karena banyak tempat usaha yang berpindah,” kata Ketua Koperasi Kopensetda.

Usai di lakukan pembukaan RAT, juga di lakukan acara RAT Kopensetda Kabupaten belu tahun buku 2018 yakni pembahasan rancangan susunan acara dan tata tertib RAT Kopensetda Tahun Buku 2018, laporan pertanggunjawaban pengurus Kopensetda Kabupaten Belu Tahun Buku 2018 rencana program kerja Tahun 2019 serta anggaran dan pendapatan dan belanja tahun buku 2019 serta saran pendapat dan tanya jawab.

Foto/Berita: Meychy Aton dan Cransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.