“PROGRAM KEGIATAN OPD HARUS SELARAS”

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU–Senin (18/03), Bupati Belu Willybrodus Lay, SH membuka secara resmi Kegiatan Pembukaan Forum Perangkat Daerah Kabupaten Belu Tahun 2019, berlangsung di Aula Kantor Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan dalam ruangan

Forum ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan, yang mana membahas tentang Sistem Perekonomian Pembangunan Masyarakat. Bupati Belu Willybrodus Lay, SH dalam sambutannya mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus segera tanggap terhadap keadaan darurat yang terjadi di masyarakat yang terkena dampak bencana.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

‘’Melalui forum ini saya mengajak kita semua berpikir, bagaimana pelayanan kita terhadap masyarakat. Pemerintah harus hadir saat masyarakat membutuhkan dan memberikan pelayanan secara layak dan terbaik untuk masyarakat,’’ ungkapnya.

Selain itu, secara terpisah Kepala Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Belu, Frans Manafe, S.Pi mengatakan tujuan utama dari Forum Perangkat Daerah ini yakni menyelaraskan program kegiatan OPD dengan usulan prioritas hasil Musrenbang RKPD Kabupaten tingkat Kecamatan, mempertajam indikator serta target program kegiatan OPD sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing OPD, menyelaraskan program kegiatan antar OPD dalam rangka optimalisasi pencapaian target sasaran dalam dokumen RPJMD, serta untuk menyelaraskan program kegiatan OPD dengan pokok-pokok pikiran DPRD.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

‘’Forum perangkat daerah yang sudah kita lakukan sejak tanggal 18 Maret dan nanti akan berakhir pada tanggal 27 Maret mendatang, akan ada 1 hari khusus yakni penajaman pokok-pokok pikiran DPR dengan OPD, sehingga kita akan sinkronkan dengan program yang sudah kita tampung melalui forum perangkat daerah kabupaten tingkat kecamatan dan RENJA OPD masing-masing, sekaligus memperhatikan pokok-pokok pikiran DPR yang akan kita bahas bersama DPRD Kabupaten Belu,” tuturnya.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk

Dirinya juga menambahkan, bahwa kegiatan ini dibagi dalam 4 Bidang yakni Bidang Ekonomi, Bidang Infrastruktur, Bidang Sosial Budaya, dan Bidang PMM, dimana nanti masing-masing bidang akan berdiskusi dengan mitra kerjanya masing-masing.
Kepala BP4D juga berharap agar seluruh kegiatan program yang dibahas bersama OPD merupakan program kegiatan prioritas yang bisa menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya pelayanan dasar untuk masyarakat misalnya di Bidang kesehatan, pendidikan, sosial, pemberdayaan masyarakat, serta pembangunan infrastruktur untuk membuka akses bagi masyarakat yang selama ini mengalami kekurangan akses.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, termasuk Johanes Andes P, orang tersenyum, orang duduk

Kegiatan Ini berlangsung selama 8 hari yakni dari tanggal 18-27 Maret 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Ketua DPRD Kabupaten Belu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Belu, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu, Kepala Bagian Setda Belu serta Para Camat dan Lurah.

Foto/Berita: Ischa Tae & Jun Naibuti

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.