PROGRAM BERSIH – BERSIH PEGADAIAN SASAR PENENUN DI BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU – Kamis (14/11), PT. Pegadaian (Persero) Cabang Atambua menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa bantuan pengadaan alat dan bahan tenun kepada penenun melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Belu, dan bantuan Pengadaan air bersih untuk masyarakat lingkungan Sorosikun RT.09/RW.03, Kelurahan Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu. Kegiatan penyerahan bantuan CSR kepada para Penenun ini dilakukan di Lopo Rumah Jabatan Bupati Belu.

Penyerahan CSR peralatan dan bahan tenun secara simbolis diserahkan oleh Pimpinan Cabang PT. Pegadaian (Persero) CP Atambua – Sherly R. Siahaan, SP kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Belu – Ny. Lidwina Viviawaty Ng Lay, selanjutnya penyerahan bantuan pengadaan air bersih diserahkan secara simbolis kepada Ketua RT. 09 Lingkungan Sorosikun – Yoseph Benediktus Laku.

Penyerahan CSR disaksikan Wakil Bupati Belu – Drs. J.T. Ose Luan dan Deputi Bisnis Area Kupang – Imam Subekti. Hadir juga Anggota DPRD Belu – Frans Xaver Saka, Kepala BPBD Kab. Belu – Alfonsius Kehi, S.IP, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kab. Belu – Fransiskus X. Asten, Asisten Manager PKBL Denpasar – Purwaningsih, Lurah Fatubenao, Lurah Lidak, dan Lurah Manuaman, Tim Fasilitator Kotaku, dan Para Penerima Manfaat.

Deputi Pinwil Bidang Bisnis PT. Pengadaian(Persero) Area Kupang – Imam Subekti mengatakan penyerahan CSR ini merupakan bagian dari program bersih – bersih yang dilakukan PT. Pegadaian untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat melalui program CSR.

“Jadi, dalam program bersih – bersih ini ada tiga program besar yang kita laksanakan yakni Bersih Hati, Bersih Lingkungan dan Bersih Administrasi. Dan bantuan yang kami serahkan ini merupakan tanggungjawab dan kepedulian kepada masyarakat khusus program bersih – bersih pegadaian di lingkungan, “ ujarnya.

Subekti menyebutkan khusus kepada penenun di Kab. Belu, total bantuan biaya yang diserahkan sejumlah Rp. 50.000.000,- dimana bantuan tersebut diambil dari dana kepedulian sosial PT. Pegadaian (Persero). Adapun bantuan tersebut berupa 20 buah alat tenun, 100 ball benang, 10 set peralatan pewarna alam dan biaya pembinaan.

Sementara itu, bantuan sejumlah Rp. 30.000.000,- untuk pengadaan air bersih di lingkungan Sorosikun, berupa 1 buah Mesin Generator Tipe Honda 5 KWh, 5 buah Viber/ tandon ukuran 2.250 liter dan 156 buah pipa.

“ Bantuan tenun yang kami serahkan ini merupakan bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat dimana sebagai wujud kecintaan kita terhadap produk lokal dan terus memelihara budaya secara turun temurun, diharapkan masyarakat penerima manfaat bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik – baiknya untuk kehidupannya, ” imbuhnya.

Wakil Bupati Belu yang hadir menyaksikan penyerahan CSR ini menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada PT. Pegadaian (Persero) atas bantuan alat dan bahan tenun bantuan air bersih yang menyasar masyarakat Kabupaten Belu.

Hal yang sama disampaikan Ketua Dekranasda Kab. Belu – Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay juga berterima kasih karena Pegadaian yanh telah memberikan bantuan kepada penenun dimana sebagai salah satu manfaat yang besar untuk membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Belu dan selain itu untuk mengangkat kearifan lokal Kabupaten Belu.

Untuk diketahui, selain Emas yang digadai, kain tenun juga bisa dijadikan sebagai jaminan pinjaman di Pegadaian.
Berita/Foto: Norci Man & Jun Nai Buti

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.