POLRES BELU GELAR APEL PASUKAN GABUNGAN HADAPI KAMPANYE TERBUKA DAN PEMILU 2019

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Jumat (22/03), TNI/POLRI Belu gelar Apel Pasukan Gabungan Pengamanan Pemilu 2018, dalam rangka kesiapan pengamanan kampanye terbuka dan pemungutan suara pemilu legislatif sekaligus pemilu presiden pada tanggal 17 April 2019 di Kabupaten Belu dan Malaka, yang merupakan Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Demokratik Timor Leste. Apel Pasukan ini berlangsung di lapangan Simpang Lima Atambua.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, langit, pohon, rumput, luar ruangan dan alam

Menkopolhukam RI, Wiranto dalam sambutannya yang di bacakan langsung oleh Kapolres Belu AKBP Christian Tobing mengatakan pemilu serentak Tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah karena di laksanakan secara serentak. Pemilu kali ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin Presiden dan Wakil Presiden.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, luar ruangan dan alam

Selanjutnya, Menkopolhukam juga mengatakan “Sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota partai politik dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggaraan pemilu yakni KPU, Bawaslu, dan DKPP. Wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang obyektif dan transparan.”

Begitu pun fungsi dan peran TNI-Polri yang berada di luar lingkup penyelenggaraan pemilu yang juga menentukan suksesnya keberlangsungan pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Menkopolhukam juga mengajak semua stakeholder terkait dan komponen masyarakat untuk segera mengenali, menemukan dan menginterisir serta mengatasi masalah yang akan terjadi, sehingga terjadi masalah TNI-Polri akan menindaklanjuti sesuai dengan hukum yang berlaku.

Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang duduk, pernikahan dan luar ruangan

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 Polres Belu, yakni Wakil Bupati Belu, Dandim 1605 Belu, Perwakilan Bupati Malaka, Pimpinan Forkompinda Plus, Perwakilan Partai Politik, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta Tokoh Masyarakat.

Foto/Berita: Mercy Aton & Rio Belebau

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.