PKK LAKSEL RAIH JUARA PADA LOMBA CIPTA MENU TINGKAT KABUPATEN BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (31/10), Kecamatan Lamaknen Selatan Meraih Juara Satu dalam Lomba Cipta Menu B2SA (beragam, bergizi seimbang dan aman). Kegiatan ini berlangsung di pelataran Kantor Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu.

Peringatan hari pangan sedunia yang ke-39 tahun 2019 Tingkat Kabupaten Belu, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Belu menggelar Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, dan Aman (B2SA) dan Lomba Cipta Jajanan Kreatif tingkat Kabupaten Belu tahun 2019, Lomba ini di ikuti oleh 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Belu yakni Kecamatan Tasifeto Timur, Kecamatan Raihat, Kecamatan Raimanuk, Kecamatan Tasifeto Barat, Kecamatan Kota Atambua, Kecamatan Atambua Barat, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kecamatan Lamaknen, Kecamatan Atambua Selatan, Kecamatan Nanaet Duabesi dan Kecamatan Lasiolat.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Belu – Sabina Mau Taek, S.P mengucapkan Profisiat kepada setiap kecamatan yang berhasil dan juara dalam lomba HPS ini. Dan untuk yang belum berhasil pada moment HPS pada tahun 2019 ini kedepannya bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk peringatan HPS pada tahun 2020 yang akan di laksanakan di Kecamatan Lamaknen Selatan.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang tersenyum, orang berdiri, tabel, luar ruangan dan makanan

“ Kita telah bersama melihat Lomba Cipta Menu B2SA dan jajanan kreatif ini, bahwa begitu banyak menu-menu yang telah di tampilkan oleh tim Penggerak PKK dari Kecamatan Se-Kabupaten Belu. Kiranya menu-menu yang telah di tampilkan pada saat lomba ini bisa diimplementasikan lebih lanjut dan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi keluarga dan juga disiapkan pada kegiatan –kegiatan yang dilaksanakan di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa,’’ Kata kadis.

Keterangan foto tidak tersedia.

“ Saya sangat senang karena telah menjadi juara dalam perlombaaan ini dan ini sangat luar biasa, karena kami merasa jerih payah kami tidak sia-sia, karena kami sudah betul-betul mempersiapkan diri sebelum kegiatan ini diadakan,” kata Frida Taek Berek, juara satu Lomba Cipta Menu B2SA dari Kecamatan lamaknen selatan.

Frida juga menambahkan bahwa sebelum lomba ini, kami telah melakukan demo di desa-desa sehingga bisa merasakan menu yang telah kami sediakan. sehingga pada saat lomba berlangsung kami telah mempersipakannya dengan baik. Untuk menu yang disediakan ini kami menyediakan menu yang alamiah dan lebih banyak menggunakan bahan dasar dari daun kelor yang berasal dari Kecamatan Laksel.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang tersenyum, orang berdiri

“ Kedepannya saya berharap agar kreasi menu kami ini bisa dijadikan sebagai menu untuk semua ibu-ibu rumah tangga dan ibu-ibu yang ada didesa, sehingga betul-betul bisa memilih asli pangan lokal yang berada di kecamatan dan desa kita sendiri,’’ Ungkap Frida.

Dalam kegiatan ini juga di lakukan Penyerahan hadiah bagi para pemenang Lomba dalam Peringatan HPS, yakni untuk Kategori Lomba Asah Terampil Juara 1 dari Kecamatan Lamaknen Selatan, Juara 2 dari Kecamatan Atambua Kota, Juara 3 dari Kecamatan Lasiolat, untuk Kategori Lomba Stand Terbaik, Juara 1 dari Kecamatan Kakuluk Mesak, Juara 2 dari Kecamatan Tasifeto Timur, Juara 3 dari Nanaet Duabesi, untuk Kategori Pelopor Ketahanan Pangan di raih oleh Rm. Oktovianus Taek, Pr, dari Desa Manleten, Kecamatan Tastim, untuk Kategori Pemangku Ketahanan Pangan diraih oleh Matheus Adoe dari Desa Kenebibi, Kecamtan Kakuluk Mesak, untuk Kategori Pelayanan Ketahanan Pangan diraih oleh Dorkas Ludia Mulle dari Umanen Kecamatan Atambua Barat, Kategori Pelaku Ketahanan Pangan Poktan Tasba Gono diraih oleh Matheus Y.M. Leto dari Desa Manleten Kecamatan Tastim, untuk Kategori Home Industri Berprestasi Kelompok Zooxanthelae diraih oleh Theresia Parera dari Desa Jenilu Kecamatan Kakuluk Mesak, KWT Terbaik Juara 1 diraih oleh Kwt Berdao, Juara 2 Kwt Sari, Juara 3 Kwt Moris Foon Abanat, untuk Kategori Kelompok Tani Berprestasi diraih oleh Kelompok Bianunu dari Kelurahan Fatubenao Kecamatan Kota Atambua, untuk Kategori Cipta Menu B2SA Juara 1 dari Kecamatan Lamaknen Selatan, Juara 2 dari Kecamatan Kota Atambua, Juara 3 dari Kecamatan Atambua Selatan dan untuk Kategori Cipta Jajanan Kreatif, Juara 1 dari Kecamatan Atambua Barat, Juara 2 dari Kecamatan Kakuluk Mesak dan Juara 3 dari Kecamatan Lamaknen. Dengan Hadiah berupa Piala, Piagam dan Uang Tunai .

Berita/Foto: Mercy Aton dan Jhon Dasilva

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.