PERTEMUAN PERSIAPAN PENYUSUNAN RENCANA KONTIJENSI PENANGGULANGAN KKM HASILKAN 4 KESEPAKATAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Kamis(26/09), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu – Theresia M. B. Saik, SKM, M.Kes menutup secara resmi kegiatan Pertemuan Persiapan Penyusunan Rencana Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yang berlangsung di Aula Hotel Permata Atambua, Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Memasuki hari kedua dan sekaligus akhir dari kegiatan Pertemuan Persiapan Penyusunan Rencana Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) ini juga dilakukan pemberian materi yang dibawakan oleh Subdit Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan RI – Rosmania M.Kes dengan materinya Sosialisasi tentang Kebijakan Kekarantinaan, Sosialisasi Undang – undang No. 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan dan Inpres No. 4 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kapasitas dalam Mendeteksi, Mencegah, dan Merespon Wabah Pandemi Global Kedaruratan yang disebabkan oleh faktor radiologi dan kimia. Selain pemberian materi, juga dilakukan pemutaran film dokumentary penanganan epicenter pademi influenza.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu –Theresia M. B. Saik, SKM, M.Kes mengatakan kegiatan ini diawali dengan sosialisasi tentang penanggulangan kedaruratan kesehatan masyarakat, selain sebagai Kabupaten di wilayah Perbatasan kita juga tidak tahu wisatawan maupun orang lokal yang keluar masuk antar wilayah dua negara dan kita juga tidak tahu keadaan kesehatannya.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk, tabel dan dalam ruangan

” Saya berharap dalam pertemuan selanjutnya peserta yang turut dalam pertemuan awal ini, akan hadir lagi pada pertemuan minggu ketiga dan kembali untuk membuat rencana tindak lanjut pada bulan oktober mendatang,” ucapnya.

Lanjutnya, sebelum melakukan pertemuan yang akan datang pada bulan Oktober 2019, Dinas Kesehatan Kabupaten Beli akan melakukan pertemuan awal ke OPD-OPD untuk mencoba melihat format yang telah diisi, untuk dikomunikasikan dulu sebelum pertemuannya dilakukan.

Pada kesempatan yang sama Subdit Karantina Kesehatan Kementerian Kesehatan RI – Rosmania, M.Kes mengungkapkan kami dari Kementerian Kesehatan khususnya Subdit Karantina Kesehatan RI dalam hal ini memfasilitasi Dinas Kabupaten untuk menyusun rencana kontijensi tentang kedaruratan kesehatan masyarakat dan sosialisasi tentang kebijakan kekarantinaan serta sosialisasi Undang – undang No. 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan dan Inpres No. 4 tahun 2019 tentang Peningkatan Kapasitas dalam Mendeteksi, Mencegah, Merespon Wabah Pandemi Global Kedaruratan yang disebabkan oleh faktor radiologi dan kimia.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

” Kita juga akan mensosialisasikan apa itu rencana kontijensi dan bagaimana melakukan penilaian sehingga pada bulan oktober nanti untuk penyusunan dokumennya mereka sudah siap, baik data yang kita inginkan maupun bentuknya, serta sistemnya seperti apa. Kami harapkan pada saat penyusunannya baik data maupun informasi, sehingga dokumen rencana kontijensi, dalam hal ini kabupaten belu mengambil influenza bisa tersusun dengan baik,” kata Rosmania.

Kesepakatan bersama yang di peroleh pada kegiatan Pertemuan Persiapan Penyusunan Rencana Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yakni: (1). Menindaklanjuti hasil pertemuan ini dengan melaporkan proses dan hasil kegiatan kepada satuan kerja masing –masing, (2). Pelaksanaan penyususnan rencana kontijensiakan dilaksanakan pada minggu ke tiga pada bulan oktober mendatang, (3). Semua peserta yang hadir pada kegiatan pertemuan hari ini wajib hadir menguikuti kegiatan penyusunan kotijensi pada minggu ke tiga pada bulan oktober mendatang, (4). Masing – masing OPD wajib mengisi format dan akan dibahas pada pertemuan penyusunan rencana kontijensi pada bulan oktober mendatang. Dan Kabupaten Belu menetapkan untuk menjadi bahan rencana kontijensi (RENKON) pada Kegiatan Pertemuan Persiapan Penyusunan Rencana Kontijensi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) yakni INFLUENZA.

Berita/Foto: Asih Mukti & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.