PERKUAT PENGAWASAN WNA, IMIGRASI BENTUK TIMPORA

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (13/06), Kantor Imigrasi disamping melakukan pelayanan, penerbitan passport, ijin tinggal bagi WNA dan urusan lainnya, Imigrasi juga bertugas untuk mengawasi orang asing. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing, Kantor imigrasi telah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA). Di dalam wadah TIMPORA ini terdiri dari beberapa instansi terkait diantaranya: Imigrasi, Kesbangpol, Kejaksaan, TNI/ Polri, Dinas Tenaga Kerja, Kementerian Agama dan termasuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Adapun tujuan pembentukan TIMPORA Ini berdasarkan instruksi dari Kementerian Hukum dan HAM dan Dirjen Imigrasi terkait pengawasan orang asing yang sudah di bentuk di Kabupaten Belu dan TTU. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Atambua – Azwar Anas, SH, MM, ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/06/19).

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, tabel dan dalam ruangan

“TIMPORA ini dibentuk terdiri dari beberapa instansi terkait dan masing – masing instansi ini berkewenangan untuk bekerja sesuai tugas dan fungsi mereka sebagai pengawas orang asing,” ujar Kepala Imigrasi Kelas II TPI Atambua.

Kaitannya dengan pengawasan orang asing, menurutnya di tahun ini TIMPORA telah berhasil menangkap 5 Warga Negara Asing asal China yang melakukan aktivitas illegal di wilayah kerja Kantor Imigrasi Atambua dan sudah dilakukan pencekalan bagi WNA tersebut.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

“Jadi TIMPORA ini sudah bekerja dan sudah ada hasil yang mereka lakukan di tahun 2019,” tegasnya.

Dirinya mengharapkan, kedepannya kerja TIMPORA ini bisa dimaksimalkan lagi dan masing – masing instansi terkait yang tergabung dalam wadah TIMPORA memberikan kontribusi kepada Kantor Imigrasi Atambua, sehingga keamanan dan kenyamanan warga tidak dicemari oleh WNA yang tidak bertanggungjawab.

Berita/Foto: Norci Man & Sipri Luma

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.