Peresmian Program Pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE)

youtubeinstagram

Jumat (01/02), Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbaru Dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) meresmikan Program Pemasangan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di Kabupaten Belu Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Peresmian ini dilakukan secara simbolis oleh Staf Khusus Menteri Bidang Politik Hukum Dan Ham pada Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral E. Widyo Sunaryo bersama Bupati Belu Willybrodus Lay, SH, kepada perwakilan masyarakat Dusun Kaen Desa Maudemu, Kecamatan Lamaknen.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, di panggung, berdiri dan luar ruangan
Hadir pada kesempatan tersebut, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Setempat.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang duduk, orang makan, tabel, dalam ruangan dan makanan

Staf Khusus Menteri Bidang Politik Hukum Dan Ham pada Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral, E. Widyo Sunaryo mengatakan kehadiran timnya di Dusun Kaen, Desa Maudemu ini untuk menyerahkan infrastruktur di bidang energi kepada warga Desa Maudemu berupa lampu tenaga surya hemat energi.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri

“Ini merupakan implementasi dari program nawacita ke -3 Presiden RI di mana dalam perjalanannya Presiden RI akan membangun dari pinggiran. Mengingat Desa Maudemu merupakan salah satu Desa pinggiran, maka selayaknya akan lebih baik kalau listrik dari PLN masuk ke Desa Ini, namun tidak bisa dilakukan secara serentak. Untuk tahap ini, kita akan memberikan 4 buah lampu dengan harapan warga yang belum menikmati listrik bisa merasakan kegembiraan karena mendapatkan lampu tenaga surya hemat energi. Ke depan PLN segera masuk dan bisa menyambungkan listrik ke rumah-rumah penduduk, ujar staf khusus menteri bidang politik hukum dan ham pada kementerian energi dan sumber daya mineral.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Pada kesempatan yang sama Bupati Belu Willybrodus Lay, SH, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI yang sudah membatu masyarakat di Kabupaten Belu melalui pemasangan lampu hemat energi, karena melalui program ini masyarakat merasa sangat terbantu. Bupati menambahkan, kawasan hutan di Desa Maudemu merupakan kawasan hutan lindung.Oleh kerena itu ia meghimbau kepada masyarakat di Desa Maudemu untuk menghijaukan gunung lakaan dengan menanam kopi dan tanaman pelindung lainnya serta membentuk kelompok tenun menggunakan pewarna alam.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Sementara itu, salah seorang warga Dusun Kaen, Desa Maudemu, Kecamatan Lamaknen, Albertus Mali mengakui dirinya merasa senang karena dengan adanya bantuan pemasangan lampu tenaga surya hemat energi ini mereka bisa menikmati penerangan.

“Dulu kami semua, masyarakat disini merasa sangat gelap dan merasa belum merdeka karna belum ada jalan dan listrik yang masuk, tapi dengan adanya bantuan ini kami merasa sangat terbantu. Kami masyarakat di Desa Maudemu menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden RI dan Kementrian ESDM yang sudah memperhatikan kami, Ujar Albert.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang berdiri dan luar ruangan
Usai peresmian, Staf Khusus Menteri Bidang Politik Hukum Dan Ham pada kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral, E. Widyo Sunaryo di dampingi Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH meninjau rumah penduduk yang mendapatkan bantuan lampu tenaga surya hemat energi.
#kominfobelu
#kementrianesdm
#dirjenebtke
#programpemasanganltshe
#atambua
#atambuakotaperbatasan

Leave a Reply

Your email address will not be published.