PERANAN DATA TERPILAH GENDER DAN ANAK DALAM IMPLEMENTASI (SIGA)

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU–Selasa (27/8), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belu – Dr. Joice M. M. Manek, M.PH dalam penyampaian materinya mengatakan salah satu misi dari DP3A adalah meningkatkan Sistem Data dan Informasi Gender dan Anak (SIGA). SIGA ini adalah suatu upaya pengelolaan data, informasi gender dan anak dengan menggunakan teknologi yang berbasis website dalam bentuk aplikasi yakni Siga.belu.go.id.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang duduk

Dirinya menjelaskan tujuan dari SIGA ini untuk meningkatkan ketersediaan dan pemanfaatan data informasi gender dan anak dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap program/kegiatan pembangunan yang dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dalam menyusun program/kegiatan yang responsive gender dan peduli hak anak.
Adapun manfaat dari SIGA ini bagi organisasi tersedianya data terpilah dalam satu sistem, sedangkan bagi Stakeholder membangun mekanisme dan mendorong pelaksanaan pengumpulan, pengolahan, analisis dan diseminasi dalam upaya ketersediaan data gender dan anak.

Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang duduk

selain itu juga dapat memanfaatkan data pada SIGA untuk perencanaan dan pelaksanaan program/kegiatan pembangunan yang responsif gender dan peduli anak, dan mengevaluasi dampak dari intervensi pembangunan terhadap perempuan dan laki–laki. Selanjutnya bagi Masyarakat bisa melihat potret pembangunan gender dan anak.

“ Untuk itu, pengelolaan data bisa lebih optimal, maka perlu didukung dengan aplikasi SIGA yang dapat menyimpan, menambah, mengubah, menghapus, maupun mengaksesnya yang tidak memerlukan waktu dan tempat,” ujar Kadis DP3A.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri

Kehadiran SIGA ini juga berhubungan dengan data terpilah yang berbentuk jenis kelamin dan umur juga bermanfaat untuk membuka wawasan yang memberi gambaran umum tentang keadaan perempuan dan laki – laki, mengevaluasi dampak dari intervensi pembangunan terhadap perempuan, laki-laki dan anak, dan mengindentifikasi masalah, menyusun dan memilih alternatif yang paling efektif untuk kebutuhan perempuan dan laki-laki.

Keterangan foto tidak tersedia.

Kadis DP3A juga mengatakan jenis data-data yang dapat diakses pada aplikasi sistem data gender dan anak (SIGA) diantaranya meliputi Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan, Bidang ekonomi dan ketenagakerjaan, Bidang politik dan pengambil keputusan, Bidang hukum dan sosbud, kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Berita/ Foto: Norci Man & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.