PERAN STRATEGIS PLAZA PELAYANAN PUBLIK

youtubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU— Rabu (13/03), Pemerintah Kabupaten Belu sudah melakukan aktivitas Pelayanan Perijinan yang berada dibawah pengawasan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Belu, yang bertempat di Plaza Pelayanan Publik Timor–Atambua. Tujuan pembangunan Plaza Pelayanan Publik Timor–Atambua untuk mempermudah segala urusan perijinan dan non perijinan kepada masyarakat Kabupaten Belu yang dulunya masih memerlukan waktu proses begitu lama, namun sekarang semuanya akan menjadi lebih cepat, mudah, terjangkau dengan pengintegrasian Pelayanan Publik Satu Atap. Hal ini diungkapkan Kepala DPMPTSP Kabupaten Belu, Dra. Maria Kornelia Eda Fahik ketika ditemui di ruang kerjanya, pada Rabu (13/03).

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

‘’Pembentukan Plaza Pelayanan Publik Timor–Atambua di Kabupaten Belu ini untuk mengintegrasikan seluruh perijinan dan non perijinan, supaya pelayanan perijinan yang akan dilakukan masyarakat tidak tercecer lagi seperti sebelumnya karena segala urusan perijinan akan dilaksanakan di Plaza Pelayanan Publik Timor – Atambua,’’ tutur Kepala DPMPTSP.

Dikatakan juga terkait dengan jenis ijin di Kabupaten Belu, untuk saat ini telah dilimpahkan 63 ijin baik perijinan maupun non perijinan sesuai dengan Peraturan Bupati Belu Nomor 10 Tahun 2018 tetang Perubahan atas Peraturan Bupati Belu Nomor 24 Tahun 2017 tentang pendelegasian wewenang dari Bupati Belu kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Belu untuk menandatangani perijinan tertentu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belu, “sampai dengan saat ini sudah ada pembenahan dan terdapat 63 ijin yang dilimpahkan kepada DPMPTSP Kabupaten Belu untuk dilakukan ijin,’’ ujar Kadis.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Lebih lanjut Kadis menyampaikan, 63 ijin tersebut diantaranya meliputi Pendaftaran Penanaman Modal, Ijin Usaha Penanaman Modal, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Ijin Usaha Industri, Pendaftaran Gudang, Ijin Mendirikan Pangkalan Minyak, Ijin Pembukaan Kantor Usaha Simpan Pinjam, Ijin Lingkungan, Ijin Pembuangan Limbah, Ijin Penelitian, Ijin Pendirian Pendidikan Anak Usia Dini, Ijin Rumah Potong Hewan, Ijin Depot Air Isi Ulang, Ijin Prinsip Pemanfaatan Ruang, Ijin Penyelenggaran Parkir Kendaraan, Ijin Pendirian Usaha Laundry. ‘’kami akan melakukan penertiban terhadap ijin–ijin yang sudah ada dan kedepannya akan segera melakukan penyerahan seluruh ijin ke DPMPTSP,’’ kata Kadis Perijinan.

Untuk mempercepat proses perjanjian kerjasama, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu pintu terus melakukan koordinasi dengan OPD dan Instansi Vertikal dalam penempatan Plaza Pelayanan Publik Timor–Atambua. ‘’Walaupun dalam proses namun 63 ijin yang dilaksanakan tidak mengalami kendala apapun tetap berjalan dengan lancar dan cepat,’’ tegas mantan Asisten III Sekda Belu.

Diakhir wawancara, Kadis DPMPTSP menyatakan bahwa 63 ijin yang sudah diserahkan kepada DPMPTSP semuanya diurus pada Plaza pelayanan Publik Timor Atambua dan sementara sisa ijin yang belum dikelola akan segera dilakukan proses identifikasi, inventarisasi untuk selanjutnya ditetapkan melalui peraturan Bupati Belu lanjutan. Semoga masyarakat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengurus ijin – ijin yang ada khusus Ijin Mendirikan Bangunan wajib hukumannya untuk melakukan kepengurusan ijin .

Beberapa OPD dan Instansi Vertikal yang tegabung dalam Plaza Pelayanan Publik, yakni
1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Belu
2. Dinas Kesehatan
3. Dinas Lingkungan Hidup
4. Dinas Peternakan
5. Dinas Sosial
6. Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan
7. Dinas Ketenaga kerjaan dan Trasmigrasi
8. Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah
9. Dinas Perhubungan
10. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
11. Badan Pendapatan Daerah
12. Dinas perdagangan dan Perindustrian
13. Dinas Ketahanan Pangan
14. Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Belu
15. PLN
16. Polres / Samsat
17. Kantor Imigrasi Kelas II Atambua
18. Kantor Pelayanan Pajak Pratama Atambua
19. Balai karantina
20. Bea dan Cukai
21. BPJS Kesehatan
22. BPJS Ketenagakerjaan
23. Badan Pertanahan Nasional

Foto/Berita: Norci Man & Bene Luan

Leave a Reply

Your email address will not be published.