PENUHI KEWAJIBAN, DINAS KOPERASI & UKM SOSIALISASIKAN KEBIJAKAN PERKOPERASIAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU — Kamis (3/10), Pemerintah Kabupaten Belu dalam hal ini Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu melakukan sosialisasi mengenai Kebijakan Perkoperasian Tahun 2019 bagi para pengurus dan anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopdit Cendana Timor yang telah berdiri sejak Tahun 2018. KSP Kopdit Cendana Timor sendiri terletak di Fatubenao B, Kelurahan Fatubenao, Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Sosialisasi dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman bagi para pengurus dan anggota tentang tata cara, norma, standar, prosedur dan kriteria perizinan usaha simpan pinjam.

“Sosialisasi ini penting, kenapa penting karena banyak calon anggota koperasi tidak memahami sebenarnya apa itu koperasi. Jadi, tidak semata – mata hanya pengurus yang tahu tetapi anggota juga harus mengenal apa itu Koperasi dan bagaimana prosesnya,” ujar Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Belu – Hasan Mukin, ketika menyampaikan arahannya dalam kegiatan sosialisasi perdana bagi KSP Kopdit Cendana Timor, pada Kamis (03/10).

Selanjutnya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Belu menjelaskan selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu tahapan untuk mengingatkan pentingnya aspek legalitas usaha. Karena, negara kita adalah negara hukum, maka dari itu, sebagai salah satu bentuk taat hukum, koperasi harus melegalkan usahanya.

Karena itu, untuk mengenakan badan hukum pengurus harus melengkapi berbagai kelengkapan administrasi untuk proses selanjutnya.

” Jadi, untuk mengurus koperasi membutuhkan berbagai proses dan Pemerintah punya kewajiban untuk merespon proses selanjutnya,” katanya.

Dirinya berharap agar masyarakat menyadari dan tumbuh lagi koperasi – koperasi baru yang berkualitas untuk memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Ketua KSP Kopdit Cendana Timor – Marcel Engelbert B. Asa mengatakan Koperasi ini didirikan sebagai wadah untuk membantu orang kecil yang akan mengubah kehidupan manusia sesuai motto dari KSP tersebut yaitu “orang kecil melakukan hal kecil di tempat terpencil yang akan mengubah wajah dunia”.

Diharapkan agar Pemerintah melakukan sosialisasi dan pendampingan secara terus – menerus kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman terhadap alur perkoperasian yang baik dan sehat.

Turut mendampingi Kadis Koperasi dan UKM, Kepala Bidang Pengawasan dan Kelembagaan – Dra. Maria Agustina Soi, dan Pengawas Koperasi – Vincentia Johana S. Koy, S,Pd, MPH.
#kominfo #kominfobelu #atambua #atambuabelu #atambuakotaperbatasan
.
.
Berita/Foto: Norci Man & Jhon Dasilva

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.