PENARI LIKURAI UNJUK KEBOLEHAN PADA HUT KEMERDEKAAN RI TK KAB. BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Sabtu (17/08), 600 Orang Penari Likurai memeriahkan Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 RI yang berlangsung di Lapangan Umum Atambua.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, keramaian, langit, awan, pohon dan luar ruangan

Setelah upacara bendera, Penari Likurai yang tergabung dari pelajar tingkat SMP dan SMA mempersembahkan Tarian Likurai yang merupakan tarian khas dari Kabupaten Belu, beragam gerakan dan formasi di pertunjukkan para Penari Likurai yang mengenakan busana tenunan khas Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, langit dan luar ruangan

Koordinator Penari Likurai – Fidelis Mali Bere mengatakan Tarian Likurai menampilkan berbagai formasi diataranya formasi aliran air yang menggambarkan sumber kehidupan bagi masyarakat Kab Belu, formasi lima lingkaran yang menggambarkan sang pencipta alam semesta, tanah, air, api dan udara selain itu ada juga formasi gunung bukit Kabupaten Belu dan formasi 74.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Fidel menyebutkan terdapat beberapa pukulan dalam pertunjukkan tarian likurai ini seperti pukulan isu, pukulan pretetei, pukulan tentara nipon, gerakkan yang di tampilkan pun sama sesuai dengan pukulan tihar para penari. Saya berharap generasi muda jangan malu dan bosan untuk mengangkat budaya yang sudah di wariskan para leluhur. Mari kita mencintai budaya kita dan mempraktekan pada moment-moment seperti ini.

Foto/Berita: Ria mauk, Norcy Man & Cransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.