PEMKAB BELU KAMPANYEKAN 16 HARI ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (06/12), Pemerintah Kabupaten Belu menggelar Pawai Kampanye dalam rangka memperingati 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Tingkat Kabupaten Belu Tahun 2019, berlangsung di Lapangan Umum – Atambua.

Kegiatan dikemas dalam bentuk Jalan santai yang dimotori oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belu dan dihadiri ratusan perempuan dan anak yang berasal dari Organisasi Perempuan se Kabupaten Belu, Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu, TNI-Polri, dan BUMN – BUMD.

Kampanye 16 hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (16HAKTP) atau Days of Activism Against Gender Violence merupakan Hari Kampanye yang mendorong upaya penghapusan kekerasan terhadap Perempuan. 16HAKTP diperingati sejak tanggal 25 November sampai 10 Desember setiap tahunnya.

Hadir pula dalam kampanye ini Sekretaris Daerah Kabupaten Belu – Drs. Petrus Bere sekaligus melepas peserta Jalan Santai Pawai Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Sekda Belu dalam arahannya dan juga sekaligus melepas peserta Jalan Santai Pawai Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak mengatakan Pawai Kampanye ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk membangun Komitmen bersama dalam rangka menolak kekerasan. Karena saat ini data menunjukan bahwa kurang lebih dari 28 juta kaum perempuan di Indonesia sedang dan telah mengalami kekerasan fisik maupun sosial.

‘’Oleh karena itu, tugas kita rapatkan barisan dan rapatkan tekad untuk tolak kekerasan di Kabupaten Belu dimana saat ini kekerasan juga dianggap oleh Presiden Jokowi sebagai satuan darurat di Indonesia yang memerlukan komitmen untuk tolak kekerasan,’’ Ungkap Sekda Belu.

Menurut Sekda Belu, saat ini Kebanyakan kekerasan sering terjadi pada pelajar atau anak – anak SMA yang ada dikota dan desa. Karenanya, mari kita lawan kekerasan dengan menanamkan persaudaraan dan persahabatan melalui dalam pikiran dan tindakan untuk menghidari kekerasan.

‘’ Tentunya, melalui jalan santai bersama kita bangun tekad bersama untuk tolak kekerasan di Kabupaten Belu,’’ ujar Sekda.

Berikut adalah Hari peringatan sepanjang 16 HAKTP :
25 November – Hari Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan,
1 Desember – Hari AIDS Sedunia,
2 Desember – Hari Internasional bagi Penghapusan Perbudakan,
3 Desember – Hari Internasional bagi Penyandang Cacat,
5 Desember – Hari Internasional bagi Sukarelawan,
6 Desember – Hari Tida ada Toleransi bagi Kekerasan Terhadap Perempuan,
10 Desember – Hari HAM Internasional.

Usai Jalan Santai, dilanjutkan dengan Donor Darah Sukarela oleh PMI Kabupaten Belu.

Berita / Foto: Norci Man & Sipri Luma

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.