PEMKAB BELU GELAR SOSIALISASI ANALISIS STANDAR BELANJA (ASB)

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Senin (24/06), Guna meningkatkan kinerja pemerintah terhadap pengelolaan keuangan daerah yang semakin ekonomis, efisiensi, efektif, transparan, dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kab. Belu menggelar sosialisasi Analisis Standar Belanja (ASB) Kabupaten Belu Tahun 2020 bagi para pengelola keuangan OPD lingkup pemerintah Kabupaten Belu di Aula Lantai Satu Kantor Bupati Belu.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Belu ini merupakan hasil kerjasama antara BPKAD Kab. Belu dengan Pusat Studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Wakil Bupati Belu, Drs. J. T. Ose Luan mengatakan sosialisasi yang berhubungan dengan Analisis Standar Belanja ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan keuangan daerah kepada seluruh OPD di Lingkup Pemkab Belu sehingga tidak terjadi perbedaan antara OPD yang satu dengan OPD yang lainnya.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

“Karenanya, kita menghadirkan Tim Ahli dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta supaya memberikan pemahaman kepada kita tentang bagaimana menetapkan biaya yang disebut dengan Analisis Standar Belanja (ASB) agar dalam merencanakan anggaran pendapatan belanja daerah sesuai dengan aturan yang berlaku untuk umum,” tutur Wakil Bupati Belu, Usai membuka kegiatan sosialisasi Analisis Standar Belanja (ASB) Kabupaten Belu Tahun 2020, pada Senin (24/06/2019).

Gambar mungkin berisi: 11 orang, orang duduk

Dikatakan Wakil Bupati Belu Bahwa ASB merupakan salah satu komponen yang harus dikembangkan di setiap OPD lingkup Pemkab Belu yang dijadikan sebagai satu kesatuan dalam penyusunan APBD dengan pendekatan kinerja sesuai ASB.

“ Jadi, sosialisasi ini sebagai salah satu pedoman untuk menetapkan APBD Tahun 2020 dalam satu kesatuan sehingga tidak terjadi perbedaan antara OPD yang satu dengan yang lainnya,” ujar Wabup Belu.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Ketua DPRD Kabupaten Belu, Januaria Awalde Berek yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Belu yang sudah menghadirkan staf ahli dari UGM, untuk mensosialisasikan Analisis Standar Belanja bagi seluruh pengelola keuangan di setiap OPD. Materi – materi yang disampaikan ini akan menjadi pedoman dan acuan penyusunan APBD tahun 2020 yang akan dirancang sesuai dengan pendekatan ASB.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang duduk

“ Kegiatan ini sangat luar biasa dan bermanfaat bagi kita semua baik itu eksekutif maupun legilatif karena dalam materi – materi ini akan di memberikan pemahaman tentang ASB dan tentang pedoman penyusunan APBD Tahun 2020, sehingga mencengah timbulnya penyalahgunaan keuangan daerah,” tegas Ketua DPRD Kab. Belu saat diwawancarai usai kegiatan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, makan, duduk dan minuman

Tampil sebagai narasumber dalam sosialisasi Analisis Standar Belanja (ASB) Kabupaten Belu Tahun 2020 ini yakni Tim Ahli Standar Belanja dari UGM, Yanse Kardias, SE,M.Si dan Budi Nurhandoyo, SH.

Berita/Foto: Norci Man & Cransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.