PEMBUKAAN SIDANG II TAHUN 2019 DPRD KAB. BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Senin (12/08), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belu – Januaria Awalde Berek didampingi Bupati Belu – Willybrodus Lay,SH dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Belu – Benediktus J. Hale, SH membuka Sidang II Tahun 2019 DPRD Kabupaten Belu, Berlangsung di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang duduk dan dalam ruangan

Sidang diawali dengan Pembacaan Pidato Pembukaan Oleh Ketua DPRD Kabupaten Belu. Dalam Pidato Ketua DPRD Kabupaten Belu mengingatkan Kepada Eksekutif maupun Legislatif untuk mempergunakan waktu dan jadwal sidang yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat meyelesaikan masa sidang sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama.

Ketua DPRD juga menambahkan langkah-lagkah penyesuaian APBD dengan perkembangan atau perubahan keadaan yang telah terjadi maupun yang akan terjadi perlu dilakukan pemerintah daerah karena memiliki dampak yang signifikan terhadap anggaran. Rancangan peraturan Daerah tentang perubahan APBD yang akan dibahas pada masa sidang ini hendaknya mengakomodir kebutuhan dasar masyarakat baik pergeseran, penggunaan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya, pendanaan dana darurat, maupun pendanaan keadaan luar biasa yang berdampak pada perubahan dan pencapaian target kinerja. Untuk itu perlu dilakukan penyesuaian kembali item-item pengeluaran yang telah terjadi maupun yang akan terjadi kedepan. Kita berharap kiranya anggaran yang diajukan Pemerintah merupakan jaminan dan kristalisasi dari tekad kita bersama untuk mengatasi berbagai kesulitan yang ada, sambil terus berusaha memajukan berbagai hal yang bersifat strategis.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Bupati Belu dalam sambutannya mengatakan dalam rangka mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belu, Pemerintah terus melaksanakan berbagai kebijakan, program dan kegiatan guna memenuhi tuntutan kebutuhan dan harapan masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki secara optimal.

Bupati belu juga menambahkan upaya yang dilakukan Pemerintah bersama DPRD yakni telah menetapkan APBD tahun anggaran 2019 namun dalam perkembangan belum dapat mengakomodir dan membiayai program dan kegiatan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan

” Untuk itu pada sidang dua ini Pemerintah mengajukan rancangan perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 untuk dicermati dan dibahas lebih lanjut dalam mekanisme sidang sesuai ketentuan perudang-undangan yang berlaku. Dalam agenda sidang perubahaan APBD tahun 2019, Pemerintah Daerah mengajukan dua buah Ranperda Kabupaten Belu yakni, rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019 dan rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat”, ungkap Bupati Belu.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Usai Pembukaan Sidang II dilanjutkan dengan agenda pembahasan rancangan KUA-PPAS perubahan APBD tahun 2019 oleh Badan Anggaran bersama Unsur TAPD Kabupaten Belu.

Foto/ Berita: Anna Ukat, Cransen Fontes & Jhon Dasilva

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.