Lomba Paduan Suara Lagu “Malam Kudus” dengan menggunakan bahasa daerah sebagai acara puncak penutupan Festival Crossborder

youtubeinstagram

Sabtu (8/12) bertempat di PLBN Mota’ain, desa Silawan, kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu telah dilangsungkan festival crossborder wonderful indonesia.

festival crossborder kali ini dibuat dengan konsep sedikit berbeda, dimana biasanya pengunjung mendapat suguhan acara yang diisi oleh band/penyanyi kenamaan dari dalam negeri maupun luar negeri (Timor Leste) namun tidak untuk yang satu ini.
puncak acara kali ini ditandai dengan lomba paduan suara lagu natal yaitu lagu “Malam Kudus” yang dinyanyikan dengan bahasa daerah yaitu bahasa tetun, bunak, kemak dan dawan sebagai lagu wajib dan lagu pilihan dalam lomba ini adalah lagu daerah Belu dan lagu daerah Timor Leste.


peserta lomba adalah para murid dari beberapa sekolah yang ada di Belu dan juga Timor Leste, dimana Belu diwakili oleh SMP Silawan, SMK Kakuluk Mesak, SMA Taruna Mandiri Fatubenao, SMPK St. Yosep Weluli, SDK Nanaeklot Silawan dan SDI Motaain Kelas Jauh Halimuti sedangkan perwakilan dari negara tetangga Timor Leste adalah SD St. Ursula Baucau.
setelah semua kelompok paduan suara membawakan lagu wajib dan lagu pilihan masing-masing, dilanjutkan dengan pengumuman hasil lomba oleh dewan juri yang terdiri dari mereka yang sudah lama berkecimpung di belantika musik kabupaten Belu yaitu Goris Suri SE Par, M. Tour, Lucianus Fatin dan Drs. Rainer Koli akhirnya terpilihlah juara yaitu SD St. Ursula Baucau dari Timor Leste sebagai juara favorit, SDI Motaain Kelas Jauh Halimuti (juara III), SMP Silawan (juara II), SMA Taruna Mandiri Fatubenao (juara I). Dewan juri juga memilih dirigen terbaik yang jatuh pada dirigen asal kelompok paduan suara SD St. Ursula Baucau.


Tidak hanya dihadiri oleh Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan, kegiatan yang dimulai sejak pukul 13.00 WITA ini juga dihadiri kepala dinas pariwisata kabupaten Belu Remigius Asa SH, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Belu Johanes A. Prihatin, SE, M.Si serta perwakilan dari Agen Consulado Timor Leste, Badan Nasional Pengelola Perbatasan, Kapospol Mota’ain dan para tamu undangan lainnya.


Setelah semua acara rampung, Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan menutup dengan resmi kegiatan Festival Crossborder Wonderful Indonesia ini. Kegiatan hari ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang sudah berlangsung sejak Jumat (7/12) kemarin.

 

(Berita dan Foto : Fredricksen Rohi Bara )

Leave a Reply

Your email address will not be published.