KPU KABUPATEN BELU MELAKUKAN SOSIALISASI TAHAPAN PEMILU TAHUN 2020

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat ( 07/02 ), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu melakukan Sosialisasi Peraturan KPU tentang Tahapan, Pencalonan serta Pemuktahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020, berlangsung di Aula KPU Kabupaten Belu, Jumat 07 Februari 2020.

Kegiatan sosialisasi ini di buka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Belu – Mikhael Nahak, S.Sos. Anggota / Divisi Teknis KPU Kabupaten Belu – Yoni Arianto Neolaka, S.Sos mengatakan sosialisasi hari ini membahas tiga hal penting yakni, Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020 yang telah diatur dalam PKPU No. 16 Tahun 2019, Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020 yang telah diatur dalam PKPU No. 18 Tahun 2019 serta Pemuktahiran Data Pemilih untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020 juga telah diatur PKPU No.19 Tahun 2019.

Lanjut Yoni, untuk syarat pencalonan dan bakal calon perseorangan butuh proses yang panjang karena harus di mulai dengan penyerahan dukungan yang di lakukan melalui verifikasi administrasi dan verifikasi faktual hingga pada rekapitulasi sampai pada pemutusan untuk para calon ke tahap selanjutnya.

‘’Untuk perorangan akan dilakukan penyerahan syarat dukungan bakal paslon Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 19 sampai 23 Februari 2020. Kami informasikan bakal pasangan calon perseorangan yang intens berkoordinasi dengan KPU yaitu paket Vivamateke. Dan penyerahan nanti akan dilakukan aplikasi silon perseorangan dan ketika aplikasi ini diserahkan, maka akan sinkron dengan aplikasi yang ada di KPU dan akan di saksikan oleh semua orang. Aplikasi ini juga memudahkan bagi KPU dimana nantinya akan dipakai untuk verifikasi administrasi yang berkaitan dengan soal kegandaan dan soal memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat,” ungkapnya.

Terkait pemutakhiran data pemilih, pihaknya mempunyai strategi antisipasi yaitu belajar dari pengalaman tahun lalu seperti kendala-kendala dan akan memperbaikinya dengan benar serta perekrutan petugas pemuktahiran data pemilih akan benar-benar selektif.

Yoni juga berharap kepada peserta yang mengikuti sosialisasi ini untuk bisa menjadi agen dan corong untuk menyebarluaskan informasi sehingga banyak orang bisa memahami soal regulasi terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020.

Pemateri dalam Sosialisasi Peraturan KPU tentang Tahapan Pencalonan serta Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu Tahun 2020 yakni Ketua KPU Kabupaten Belu – Mikhael Nahak, S.Sos, Anggota/ Divisi Teknis – Yoni Arianto Neolaka, S.Sos dan Anggota/ Divisi Program dan Data – Yohanes S. A. Palla, SH.

Berita/Foto : Mercy Aton,Bene Luan dan Rio BB

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.