KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM DORONG PENGEMBANGAN UMKM DI WILAYAH PERBATASAN RI – RDTL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU – Senin (29-04), Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI menggelar konsultasi desain dan kemasan serta pemberkasan pendaftaran merk KUMKM di Kabupaten Belu Provinsi NTT, Perbatasan RI-RDTL. Kegiatan berlangsung selama dua hari dari tanggal 29-30 April 2019 di Aula King Star Hotel Atambua.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM RI, Ir. Victoria Br Simanungkalit, mengatakan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM memiliki visi agar seluruh Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia dari sabang sampai marauke termasuk Kabupaten Belu bisa meningkat daya saing produk unggulan dan akses pasar baik di Negara sendiri maupun di Luar Negeri. Dijelaskan bahwa banyak produk unggulan yang ada di Kabupaten Belu, salah satunya kain adat timor bahkan produk ini sudah meluas dan dikenal dunia.

Gambar mungkin berisi: orang duduk dan dalam ruangan

“Kami fokuskan ke Kabupaten Belu karena sebagai Kabupaten yang langsung berbatasan darat dengan Negara Demokratik Timor Leste. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan daya saing terhadap produk – produk yang ada agar produk – produk yang menjadi produk unggulan bisa masuk bersaing di pasar global,” ungkap Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenko UKM RI, Ir. Victoria Br Simanungkalit.

Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang duduk, makanan dan dalam ruangan

Victoria Br Simanungkalit mengakui produk – produk yang diproduksi oleh masyarakat Kabupaten Belu ini sudah sangat bagus kualitasnya, namun yang perlu kita tingkatkan lagi dengan mendesain kemasan – kemasan produk yang ada jangkauan pasarannya lebih tinggi levelnya.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri

“Sebenarnya masih perlu didesain dengan baik, salah satunya kemasan produk. Kemasan produk ini harus dibuat dengan baik sehingga produk Kabupaten Belu bisa dikenal luas dan punya image yang bagus,” tutur Victoria.
Lebih lanjut Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenko UKM RI mengharapkan agar seluruh peserta memanfaatkan bimbingan teknis ini sebaik – baiknya untuk bersaing ke pasar global.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang berdiri dan makanan

Kegiatan konsultasi desain dan kemasan serta pemberkasan pendaftaran merk KUMKM di Kabupaten Belu ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan sinergitas program Kementerian Koperasi dan UKM dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Tim Penggerak PKK yang mana dalam rangka mengupayakan peningkatan wawasan UKM dan Pengrajin di Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 20 orang, orang tersenyum, orang berdiri dan dalam ruangan

Foto/Berita : Norci Man & Anna Ukat

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.