KEMENTERIAN AGAMA WILAYAH PROVINSI NTT GELAR WORKSHOP BAHAS MIGRAN DAN TKI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU–Selasa (03/09), Kementerian Agama Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Bidang Urusan Agama Katolik menyelenggarakan Workshop Keluarga Sejahtera Keuskupan Atambua dengan tema “Pemberdayaan keluarga dan upaya penyadaran masyarakat dari dampak negatif migrasi dan merantau’’. Workshop ini diikuti oleh Dekenat Belu Utara, Dekenat Malaka dan Dekenat Mena Timor Tengah Utara (TTU) bertempat di Aula Hotel Nusantara Dua Atambua Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, teks

Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk membangun pemahaman dan kesadaran bersama akan dampak sosio-religius akibat merantau atau migrasi, mendapatkan pemahaman dan peneguhan otentik tentang spritualitas perkawinan dan reksa pastoral keluarga keuskupan Atambua, memahami tentang pemberdayaan ekonomi bagi keluarga, membangun pemahaman akan pola penanganan masalah dan ancaman disintegrasi keluarga.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

Kepala Bidang Urusan Agama Katolik (Urakat) Kanwil Kemenag Provinsi NTT – Drs. Karolus Sara Buang Lera menyampaikan kegiatan workshop ini merupakan salah satu Program Kementerian Provinsi NTT bekerjasama dengan Komisi Pastoral Keluarga Keuskupan di Wilayah Provinsi NTT, materi yang diberikan sesuai dengan hasil Sidang Pastoral Perpas ke XI seRegio Nusra tentang Penanganaan Masalah Migran dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang menjadi perhatian bagi pihak lembaga gereja keuskupan.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk

Kepala Bidang juga berharap melalui tema yang diusung para peserta dari Wilayah Keuskupan yang merupakan pembina keluarga-keluarga disetiap Paroki dapat terjun langsung diwilayah masing-masing untuk mengatasi Permasalahan Migran dan Tenaga Kerja Indonesia.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk dan orang berdiri

Hadir sebagai narasumber dalam workshop ini Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Belu – Drs. Ope Rafael, Sekretaris Umum Puspas Keuskupan Atambua / Pastoral Migran dan Perantau – Yosef M. L. Helo, S.Pd, M.Hum, Sekretaris Komisi Keluarga Keuskupan Atambua – Romo Siprianus S. Tes Mau Pr, Ketua Lembaga Perlindungan Anak – Suster Sesilia Ketut, SSpS.
rita/Foto: Ria Mauk, Asih Mukti & Cransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.