KELURAHAN MANUAMAN GELAR LOMBA TEBE DAN LIKURAI ANTAR RW

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (05/12), Pemerintah Kelurahan Manuaman Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu menggelar Lomba Tebe Kreasi dan Likurai Antar Rukun Warga yang ada di Kelurahan Manuaman.

Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Lurah Manuaman. Pertandingan Olahraga dan Perlombaan Seni Budaya ini bertujuan untuk mempererat hubungan persahabatan antara sesama warga di Kelurahan Manuaman, memotivasi anak-anak dalam meningkatkan minat serta bakat yang dimiliki serta mengiventarisasi anak-anak dan remaja berbakat dan berprestasi untuk mengikuti kegiatan pada event yang lebih tinggi.

Selain perlombaan Tebe Kreasi dan Likurai, Kelurahan Manuaman juga menggelar lomba yakni Pertandingan Futsal anak-anak usia 9 – 12 tahun dan Futsal remaja usia 13 – 17 tahun, serta Pertandingan Bola Voli Putra usia peserta campuran dan Voli Putri yang telah di gelar pada tanggal 29 November 2019 hingga 02 Desember 2019.

Yang keluar sebagai juara dalam lomba ini yakni Pertandingan Futsal Usia 9 – 12 juara 1 RW 02, Juara 2 RW 04 dan Juara 3 RW 05, Pertandingan Futsal Usia 13-17 Juara 1 RW 03, Juara 2 RW 05 dan Juara 3 RW 02, Pertandingan Voli Putra Juara 1 RW 01, Juara 2 RW 05 dan Juara 3 RW 03, Pertandingan Voli Putri Juara 1 RW 03, Juara 2 RW 01, dan Juara 3 RW 04, Lomba Tarian Likurai Juara 1 RW 03 dengan total nilai 225, Juara 2 RW 01 dengan total nilai 210, Juara 3 RW 06 dengan total nilai 205 dan Lomba Tebe Kreasi Juara 1 RW 02 dengan total nilai 245, Juara 2 RW 04 dengan total nilai 225 dan Juara 3 RW 01 dengan total nilai 220. Masing-masing diberikan hadiah berupa piala, piagam dan uang tunai.

Selvianan Seran, S.IP selaku Lurah Manuaman menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk kebersamaan masyarakat di Kelurahan Manuaman, dan menjadi wadah untuk pengembangan bakat di bidang olahraga serta untuk melestarikan budaya lokal, sehingga masyarakat punya ruang dan tempat untuk mengembangkan bakat mereka dalam berolahraga maupun seni tari tradisional.

“ Di zaman sekarang ini hampir anak-anak muda kita lebih banyak menguasai tarian modern dari pada tarian tradisional. Kegiatan ini dilakukan dari dan kembali untuk masyarakat Kelurahan Manuaman,” kata Lurah.

Selviana juga menyebutkan bahwa peserta dalam perlombaan ini semuannya dari masyarakat Kelurahan Manuaman yang mepunyai KTP dan KK dari Kelurahan Manuaman.

“ Dalam kegiatan ini kami tidak memiliki aturan yang ketat dan untuk kegiatan ini juga kami tidak membatasi usia, karena tujuan kita adalah kebersamaan serta hiburan bagi masyarakat kelurahan manuaman,” tegasnya.

Lurah manuaman juga berharap kedepannya kegiatan ini rutin di laksanakan sehingga ditahun 2020 nanti pegadaian telah mempunyai rencana untuk menjadi sponsor penuh, serta berharap ada lembaga-lembaga lain yang mendukung kagiatan kita sehingga bidang olahraga dan seni budaya serta kemasyarakatan di Kelurahan Manuaman menjadi baik, maju dan berkembang serta lebih berkualitas lagi.

“ Untuk yang juara dalam perlombaan ini, saya mau menyampaikan bahwa juara ini bukan akhir dari segalanya tetapi juara itu harus di pertahankan untuk tetap menjadi lebih baik lagi dan yang tidak juara dalam kesempatan ini agar bisa berbenah untuk menjadi lebih baik lagi di tahun yang akan datang,‘’ harap Lurah Manuaman.

Sementara itu Duta Wisata 2017 yang juga menjadi Juri dalam perlombaan Tebe Kreasi dan Likurai – Jonas Dos S. Mali menggungkapkan kriteria dalam penilaian ini yang di lihat adalah tiga tema yaitu wirama, wiraga dan wirasa dari ketiga itu sendiri kita akan melihat dari bunyi tihar yang dimainkan juga gerakan cepat dan lambat, tampilan fisik dan busana yang digunakan sehingga bisa mempunyai nilai jual yang menarik sehingga orang bisa melihat serta teknik penjiwaan dan ekspresi wajah peserta yang akan ditampilkan dalam perlombaan tebe dan likurai.

“ Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Belu terkhusus pada Kelurahan Manuaman yang telah mengadakan kegiatan perlombaaan ini karena perlombaan merupakan ajang untuk mendukung perkembangan Pariwisata di Kabupaten Belu. Dan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa mencari bibit – bibit pemuda dan pemudi di Kelurahan Manuaman sehingga Pariwisata di Kabupaten Belu akan semakin maju dan kedepannya semakin sukses,’’ tandas Duta Wisata 2017.

Turut hadir dalam kegiatan perlombaan ini Camat Atambua Selatan, Babinsa dan Pimpinan Pegadaian Atambua.

Berita/Foto: Mercy Aton & Wilson Bau

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.