KECAMATAN PERBATASAN JADI FOKUS PENCEGAHAN PAHAM RADIKALSIME DAN SOSIALISASI EMPAT KONSENSUS NASIONAL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—KAMIS (09/05), Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Belu (KESBANGPOL) merupakan Institusi Pemerintah, yang salah satu tugas pokok strategis yakni membantu tugas dan kewajiban kepala daerah untuk memelihara trantibmas, stabilitas politik dan pemerintahan di daerah serta mengawal empat konsensus nasional.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

Selain itu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belu juga mempunyai program/kegiatan prioritas yakni program peningkatan keamanan, program pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat dan pencegahan tindak kriminal, program pengembangan wawasan kebangsaan, program pengembangan wawasan kebangsaan, program pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan, program peningkatan pemberantasan penyakit masyarakat serta program pendidikan politik masyarakat.

Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belu – Maksimus Pareira mengatakan Kabupaten Belu sebagai wilayah yang berada di perbatasan, Badan Kesbangpol melakukan sosialisasi terkait wawasan kebangsaan yang difokuskan pada Kecamatan yang berada di perbatasan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan menumbuhkan rasa memiliki dan mencintai bangsa dan negara melalui empat konsensus nasional yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan. Sementara itu untuk paham radikalisme dan terorisme, Badan Kesbangpol melakukan deteksi dini dengan cara memperkenalkan ilmu pengetahuan dengan baik dan benar, meminimalisir kesenjangan sosial, menjaga persatuan dan kesatuan, mendukung aksi perdamaian, menjaring informasi, ikut aktif mensosialisasikan tentang bahaya dan dampak serta cara-cara untuk menghindari pengaruh paham radikalisme dan terorisme.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, lensa kaca mata dan dekat

Lebih lanjut Plt. Kesbangpol menambahkan, kaitan dengan organisasi masyarakat saat ini telah terdapat empat forum yang terdaftar pada Badan Kesbangpol yaitu forum kewaspadaan dini masyrakat, forum pembaharuan masyarakat, forum kerukunan umat beragama dan komunitas intelejen daerah. Sedangkan untuk organisasi yang belum terdaftar pihak Kesbangpol melakukan pendekatan untuk mengecek legalitas apabila tidak ada maka akan dibubarkan organisasi tersebut.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, tabel dan dalam ruangan

Program kerja dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belu Tahun 2019 yakni Program Peningkatan pelayanan administrasi perkantoran, program peningkatan sarana dan prasarana aparatur, program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, program peningkatan keamanan dan kenyamanan lingkungan, program pemeliharaan, keamanan, ketertiban masyarakat dan pencegahan tindak kriminal, program wawasan kebangsaan, program kemitraan pengembangan wawasan kebangsaan, program pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan, program peningkatan pemberantasan penyakit masyarakat serta program pendidikan politik masyarakat.

Berita/Foto: Ria Mauk & Jun Naibuti

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.