KBRI DILI GELAR PAMERAN DAN PROMOSI DAGANG DI DISTRIK OECUSSE

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Sabtu (30/03) Sebagai bentuk komitmen untuk memelihara dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan Timor Leste dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, sosial budaya dan pendidikan antara kedua negara khususnya di wilayah perbatasan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) melaksanakan pameran dan promosi dagang, bertempat di Kawasan Palaban Oecusse yang bertajuk ‘’ Pesona Indonesia 2019 ‘’.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, langit, lapangan basket, pohon dan luar ruangan

Kegiatan Pesona Indonesia 2019 ini diisi dengan berbagai acara seperti pameran dan promosi produk – produk dari Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta(BUMS) Indonesia yang beroperasi di Timor Leste, antara lain Telkomsel, Bank Mandiri, Bank BRI, Pertamina, PT. Hutama Karya, PT. Wijaya Karya, PT. Waskita Karya, PT. Bintang Indonesia, Sriwijaya Air, Peternakan ayam Charoen, Sylvia Dili, Indofood dan kalangan pengusaha dari Indonesia dan timor Leste. Dari Oecusse, dipamerkan berbagai produk kerajinan, seni, kuliner lokal yang merupakan binaan dari Dinas Pariwisata Oecusse dan Dinas Pertanian Oecusse. Kabupaten Belu dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menghadirkan Usaha Kecil Menegah (UKM), Lembaga Pendidikan, tenun khas Timor dan kuliner.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri  Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk

Salah satu peserta pameran asal Timor Tengah Utara (TTU), Alexander Ludony mengatakan kegiatan ini sangat berguna karena dapat menjalin hubungan persaudaraan antara Indonesia dengan Oecusse khususnya dan Timor Leste pada umumya.

‘’ Saya merasa bangga bisa bergabung dalam pameran dan promosi dagang ini, sehingga saya berharap kedepan kegiatan – kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan. Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belu Kabupaten TTU dan Distrik Oecusse yang sudah memfasilitasi kami dengan kemudahan – kemudahan yang ada.’’ Ungkap Alex.

Gambar mungkin berisi: 2 orang Gambar mungkin berisi: makanan

Pada kesempatan yang sama, Cosmas Caet Asal Oecusse yang juga peserta pameran mengakui dirinya merasa bangga atas kehadiran pameran ini karena menurutnya melalui pameran ini masyarakat dapat mempromosikan produk – produk lokal ke tingkat nasional. Selain itu, melalui kegiatan ini juga, terjadi transaksi timbal – balik antara Indonesia dengan Timor Leste sehingga kehidupan masyarakat yang ada di wilayah perbatasan bisa meningkat.

‘’ kegiatan ini merupakan kerja sama antara Distrik Oecusse, Kabupaten Belu dan Kabupaten TTU yang telah berperan penting dalam keseluruhan acara ini. Saya berharap, kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan pada tahun – tahun mendatang.’’ Ungkap Cosmas.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri

Untuk dikletahui, Oecusse dipilih sebagai lokasi pameran, karena posisinya yang stategis berbatasan langsung dengan Privinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki akses darat, laut dan udara, memiliki alam yang indah, serta memiliki potensi perdagangan, investasi dan pariwisata yang sangat baik untuk dikembangkan.

Foto/Berita: Frans Leki & Hengki Mao

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.