KANTOR PERTANAHAN KAB. BELU SERAHKAN 400 SERTIFIKAT TANAH DI KAKULUK MESAK

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (15/11), Sebanyak 400 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan Kakuluk Mesak oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Belu, berlangsung di halaman Kantor Desa Jenilu – Kecamatan Kakuluk Mesak.

Penyerahan Sertifikat Tanah sebanyak 400 bidang tanah ini merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) Tahun 2019, diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan di dampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Belu di halaman Kantor Desa Jenilu.

Menurutnya Wabub target yang diberikan kepada Kantor Pertanahan Kabupaten Belu yang telah dicapai merupakan hasil kerja secara profesional baik dari Kepala Kantor hingga staf Kantor Pertanahan yang telah berusaha dan berupaya untuk memenuhi target yang telah di berikan. Ini merupakan program Presiden Republik Indonesia dalam mempermudah masyarakat untuk mendapatkan sertifikat hak atas tanah. Kedepan tanah yang bermasalah juga diukur sebagai tanah adat sehingga bisa masuk dalam peta tanah,’’tegas Wabup usai penyerahan Sertifikat tanah.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan apresiasi kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Belu dan seluruh jajarannya yang telah bekerja secara baik sehingga tahun ini bisa mencapai target 100 persen yang diberikan kepada kita. Dan kepada masyarakat agar menjaga dengan baik sertifikat tanah yang telah diberikan karena sertikat merupakan dokumen otentik dan barang berharga.

‘’Kedepan Wabup berharap kita mendapat target 4.000 untuk pemetaan dan 2.000 untuk sertifikasi bisa mencapai target dan bisa menjangkau desa-desa lain secara bertahap sehingga tanah – tanah masyarakat bisa terdata dalam peta dan juga masyarakat bisa memperoleh tanah-tanah bersetifikat,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Belu- Goncalo Antonio, SH dalam laporan panitia mengungkapkan target yang diberikan kepada Kantor Pertanahan telah mencapai 100 persen meskipun terdapat kendala – kendala yang di hadapi pada saat di lapangan. Namun program Penyerahan Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) merupakan program Presiden yang akan menyisir di seluruh wilayah Indonesia. Kepala Kantor Pertanahan juga menambahkan untuk tahun 2020 Kabupaten Belu mendapatkan target 4.000 bidang tanah karena itu diharapkan tidak ada persoalan sengketa dalam pelaksanaan PTSL.

Hadir dalam Penyerahan Sertifikat Tanah Program PTSL yakni Camat Kakuluk Mesak, Kepala Desa Jenilu, Kepala Desa Fatuketi, dan wargal masyarakat dari 4 Desa yang ada di Kecamatan Kakuluk Mesak.
Berita/Foto: Mercy Aton dan Cransen Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.