INOVASI TABUR PBB P2 MERAMBAH DESA EKIN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – (29/11) Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu Marsianus Loe Mau, SH melaunching/mencanangkan Inovasi Tabur PBB – P2 Tabungan Rakyat Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan dengan slogan ” Mai Ita Selu Bea Hodi Hader Rai Belu Bodik Hadiak Renu Belu Tomak “. Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor Desa Ekin, Kecamatan Lamaknen Selatan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Belu – Marsianus Loe Mau, SH menjelaskan terkait dengan pencanangan atau launching Tabur PBB – P2 ini guna memberi pemahaman bagi masyarakat untuk menabung demi mengoptimalisasi pengelolaan pajak PBB – P2.

” Pencanangan atau launching yang diselenggarakan hari ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Belu dan Pemerintah Desa dengan Bank NTT dalam peningkatan dan percepatan realisasi serta optimalisasi Pendapatan Asli Daerah di bidang sektor pajak, agar dapat menekan angka piutang di Kabupaten Belu tidak bertambah, kita bekerja sama dengan Bank NTT guna mempermudah untuk penagihan dan menghindari para petugas pemungut pajak yang tidak jujur. Inovasi ini juga kita memperkenalkan kepada masyarakat untuk sadar akan pajak , dan masyarakat di mohon untuk menabung oleh karena menabung merupakan sesuatu hal yang baik, menabung tidak mesti di bank, menabung itu bisa dalam rumah tangga dan wadah yang digunakan adalah wadah tabung bambu. Wadah ini sudah digunakan sekitar tahun 1950-an yang saat itu diberi istilah surat tabung,” Ungkapnya.

Untuk saat ini kita kembali menggunakan wadah ini, mengajak masyarakat untuk membudayakan menabung dengan cara sisa uang belanja recehan dapat di simpan di dalam wadah bambu tersebut dan pada akhir tahun di buka dan uangnya di bawa ke bank NTT untuk ditabung. Inovasi ini kita perkenalkan kepada masyarakat sebagai solusi dalam menjawab kendala atau masalah terkait pembayaran PBB – P2 oleh wajib pajak dan melatih kemandirian masyarakat untuk disiplin dalam membayar pajak.

Dalam kegiatan Launching ini dihadiri oleh Camat Raihat, Camat Lamaknen Selatan, Para Kepala Desa dan masyarakat wajib pajak di Desa Ekin.

Berita/Foto: Hengki Mao & Rio Bele Bau

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.