Impounding Bendungan Rotiklot

Facebookyoutubeinstagram

Kamis (13/12)siang tadi Tepatnya pukul 11.00 wita telah dilakukan pengisian perdana/awal (Impounding)Bendungan Rotiklot Oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dr.Ir. Hari Suprayogi M.Eng didampingi wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Drs.Yosef Naisoi Dan Wakil Bupati Belu Drs. J. T. Ose Luan.

Dalam sambutan singkatnya Dr.Ir.Hari Suprayogi M.Eng mengatakan bahwa pembuatan Bendungan Rotiklot ini merupaakan bagian dari kebijakan memanfaatkan potensi sumber daya air untuk dipergunakan sebesar – besarnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dirinya, juga mengatakan bahwa kondisi spesifik daerah ini terutama Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan 3-4 bulan musim hujan dan kekurangan air dimusim kemarau yang mana daerah NTT mempunyai hujan rata-rata tahunan 1200mm, satu-satunya cara yang sangat efektif untuk mengatasi hal tersebut yakni dengan membangun suatu tampungan air antara lain adalah bendungan atau waduk.

Yogi, juga menambahkan “bahwa bendungan rotiklot ini selain untuk dijadikan irigasi namun juga bisa dilakukan untuk pariwisata,bendungan ini juga bisa dijadikan tempat perikanan namun jangan dijadikan karamba, tegasnya”.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Drs.Yosef Naisoi Dalam sambutannya diri nya mengajak masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya masyarakat di Kabupaten Belu agar bersama-sama untuk menjaga waduk/bendungan rotiklot ini dengan baik. Karena pembangunan bendungan ini juga menggunakan uang rakyat, sehingga perlu dijaga keberadaannya.

Hadir juga dalam acara ini Kepala Pusat Bendungan, Kepala Dinas PU PR Provinsi NTT, Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara Timur II, Kepala Balai Pelaksana Jalan National X, Koordintaor Direktoral Jenderal Cipta Karya Provinsi NTT, Ketua DPRD Provinsi NTT/Ketua DPRD Kabupaten Belu, Forkompinda Plus, Pimpinan OPD/Badan/Lembaga,Camat Kakuluk Mesak, Kepala Desa Fatuketi, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat, serta masyarakat/penduduk setempat /insan pers.

(Berita : Novita Bogar)

 

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.