EMPAT KANTOR KEMENAG SE – DARATAN TIMOR BERSAUDARA IKUTI PEMBUKAAN BERSAMA HAB KE – 74 KEMENAG RI DAN HUT KE – 50 KANTOR KEMENAG KABUPATEN BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Kamis (29/08), Empat Kantor Kementerian Agama (Kemenag) se–Daratan Timor bersaudara mengikuti pembukaan Hari Amal Bersama (HAB) ke–74 Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–50 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu bertempat di Aula SMUK Suria Atambua.

Pembukaan bersama HAB ke–74 Kemenag RI dan HUT ke–50 Kantor Kemenag Kabupaten Belu dengan tema “ Husar Binan Rai Timor Tetuk No Nesak Diak No Kmanek (Dengan semangat persaudaraan kita membangun masyarakat Timor menuju tercapainya kesejahteraan lahir batin yang serasi dan seimbang) dibuka secara resmi oleh Kepala kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi NTT – Drs. Sarman Marselinus, MM yang ditandai dengan pelepasan burung merpati, pelepasan balon dan penembakan mercun.

Peserta pertemuan kurang lebih 2000 orang yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Guru Agama, Penyuluh Agama, penghulu dan pengawas dari 4 kabupaten, yakni Kementerian Agama Kabupaten TTU sebanyak 627 orang, Kementerian Agama Kabupaten TTS sebanyak 684 orang, Kementerian Agama Kabupaten Malaka sebanyak 527 orang dan Kementerian Agama Kabupaten Belu sebanyak 527 orang dengan tujuan membangun komitmen bersama guna menjalin tali persaudaraan sejati untuk bekerja keras demi terwujudnya masyarakat Timor yang taat beragama, rukun, cerdas dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan NTT yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong – royong.

Kakanwil Kemenag Provinsi NTT – Drs. Sarman Marselinus mengatakan ada tiga tema pokok penting dalam peristiwa akbar dan bersejarah hari ini, yakni HAB ke–74 Kemenag RI yang puncaknya akan di selenggarakan pada tanggal 3 Januari 2020, peringatan HUT ke–50 Kantor Kemenag Kabupaten Belu dan penyerahan ijin Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI terkait ijin operasinal berdirinya SMAK Santo Agustinus Raimanuk. Moment ini merupakan suatu langka baru dan terinspirasi karena sebelumnya juga sudah dilakukan ijin operasonal berdirinya SMAK Santa Maria Mena Kabupaten TTU dan SMAK Santa Maria Kabupaten Malaka. Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu, TTU, TTS dan Malaka bersama seluruh jajaran yang telah menginisiasi perayaan HAB Timor bersaudara karena merupakan momentum bagi kita sebagai anggota keluarga kementerian Agama untuk meningkatkan konsolidasi dan sinergitas kita dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat beragama.

“ Mudah – mudahan kebersamaan kita ini memberi warna tersendiri bagi semangat kebersamaan dan kerukunan ditengah masyarakat beragama yang kita layani. Ingat bahwa kita adalah agen beragama dan kebersamaan umat. Kita adalah orang yang terdepan untuk memelihara kerukunan antar umat beragama,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kakan Kemenag Kabupaten Belu – Drs.Ope Rafael,MM mengungkapkan, event ini sangat bermanfaat dan tentunya ada kesan yang sangat tinggi nilainya karena diikuti oleh empat Kantor Kemenag se–Wilayah NTT, yakni Kemenag Kabupaten Malaka, TTU, TTS dan Belu sebagai tuan rumah penyelenggara sekaligus sebagai kelahiran anak didik baru karena bertepatan dengan HUT lembaganya yang ke–50 tahun. Dirinya juga menambahkan, memeriahkan HUT ke – 50 tahun kemenag Kabupaten Belu, pihaknya akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan perlombaan, seperti anjangsana, bola voly, tenis meja, catur, futcal, bulutangkis, tarik tambang serta penghijauan.

Untuk diketahui, peristiwa akbar dan bersejarah ini berawal dari kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) laporan keuangan tingkat satuan kerja Kementerian Agama Kabupaten Belu, Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Kementerian Agama Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Kementerian Agama Kabupaten Belu dengan lokus kegiatan di Atambua, tepatnya di Hotel Paradiso tanggal 8 hingga tanggal 10 Juni 2019 yang lalu.

Pembukaan HAB ke–75 Kemenag RI akan berlangsung di Kabupaten TTS.

Foto/berita : Frans Leki, Asih Mukti, Bene Luan & Jun Naibuti

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.