DUTA ANAK BELU 2019 BAWA MISI PERUBAHAN

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU—Rabu (08/05), Hari kedua pelaksanaan Konferensi Anak Daerah Tingkat Kabupaten Belu panitia menggelar Lomba Pemilihan Duta Anak tingkat Kabupaten, berlangsung di aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang duduk

Untuk mendukung program pemerintah serta untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam memberi perlindungan dan kesempatan yang seluas-luasnya bagi anak Kabupaten Belu untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental, maupun kehidupan sosial. Maka melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak melaksanakan kegiatan Pemilihan Duta Anak Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang berdiri dan teks

Pada kegiatan Pemilihan Duta Anak Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Belu ini dilakukan beberapa kegiatan lomba dengan menghadirkan tim juri pada lomba pemilihan duta anak yakni Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay, sebagai Ketua TP2TP2A, Rm. Lusius Tai Mau, Pr, Yohanes Bria, Marselinus Kolli, S.Sos dan Mikhael Leo Ape, S.Fil. Tim juri akan menilai dan memilih para kontestan yang memenuhi kriteria penilaian, Mereka yang terpilih sebagai peringkat satu dan dua akan menjadi utusan duta anak Kabupaten Belu Tahun 2019.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Kegiatan pemilihan duta anak ini terdapat beberapa rangkaian perlombaan yang wajib diikuti oleh setiap peserta antara lain lomba ketrampilan menulis opini sesuai tema, pidato sesuai opini yang dibuat, pentas busana daerah Kabupaten Belu (fashion show), perlombaan yang melibatkan para pelajar siswa/siswi smp dan sma juga forum anak desa ini berjumlah 40 orang.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, teks

Ketua tim juri, juga selaku ketua P2TP2A- Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay usai kegiatan mengatakan dirinya sangat mengapresiasi karena anak –anak luar biasa, dan mereka sangat mengusai materi dengan percaya diri bisa berpidato sesuai topik yang ditentukan. Saya berharap mereka bisa menjadi agen–agen perubahan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah dan bermasyarakat. Dan untuk menyadarkan anak-anak bahwa mereka mempunyai hak dan perlindungan oleh Negara dan kita semua. Ny. Lidwina berpesan agar mereka terus membekali diri dan lebih siap agar jika mereka keajang tingkat Provinsi dapat memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Dari lomba yang dilaksanakan keluar sebagai pemenang duta anak Kabupaten Belu Tahun 2019 yakni, juara 1 atas nama Margretha R. Lesu dan juara 2 Fredrik Abatan sedangkan yang menjadi juara favorit adalah Efren Primus Mauk.

Margaretha R. lesu setelah mendapat gelar duta anak Kabupaten Belu menyampaikan, dirinya sangat bersyukur kerna telah terpilih menjadi juara pertama, saya berharap dapat menyuarakan suara anak-anak di kabupaten belu sehingga Kabupeten Belu menjadi layak anak dan sejahtera.

Sebagai lembaga yang menerima dan menyuarakan aspirasi anak, kami selalu siap mendengar keluh kesah kalian, jangan merasa takut untuk menyampaikan keluh kesah kalian, pesan Margaretha.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, teks

Fredrick abatan mengatakan kegiatan KONFERDA sangat bagus dan membangun serta mengajarkan kita untuk berpikir lebih dewasa dan bertanggung jawab terutama dalam hal pemenuhan hak anak. Saya berkomitmen untuk mewujudkan anak belu menjadi cerdas dan sejahtera.

Gambar mungkin berisi: 13 orang, orang tersenyum, orang berdiri

Pada acara pemilihan Duta Anak Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Belu juga dilakukan penyerahan hadiah dan pemakaian selempang duta serta penetapan Duta Anak Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Belu oleh Ketua tim juri sekaligus sebagai Ketua P2TP2A kabupaten belu.
Pemenang lomba pemilihan duta anak Kabupaten Belu Tahun 2019 juga mendapat hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan. juara 1 diraih – Margaretha R. Lesu dari SMAN 1 Atambua mendapat hadiah uang sebesar RP. 2.000.000, juara 2 Fredick Abatan dari SMK Surya Atambua mendapat Rp. 1.500.000. juara 3 Valerina Trifonia Am’isa dari SMAK Surya Atambua mendapat Rp.1.250.000. Sementara juara harapan 1 Esterjaele M.Da Costadari SMA Kristen Atambua mendapat Rp.1.000.000, Juara harapan 2 Kurniawaty Lama Wuran dari SMKN 1 Atambua dengan mendapat Rp.750.000. Juara harapan 3 Maria Mariani Lendong dari SMK Kusuma Atambua mendapat Rp.500.000. Dan juara Favorit Efrem Primus Mauk dari SMP IL Kapten Fatuba’a.

Berita/Foto: Asih Mukti & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.