DORONG EKONOMI MASYARAKAT DAERAH TERTINGGAL, KEMENKOP UKM RI GELAR PELATIHAN VOCATIONAL

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB, BELU – SENIN ( 29 /04 ) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI menggelar pelatihan vocational ( Ketrampilan ) pada daerah tertinggal bertempat di Gedung Wanita Betelalenok Atambua.

Gambar mungkin berisi: orang duduk, tabel dan dalam ruangan

Kegiatan pelatihan yang melibatkan 30 orang pemuda – pemudi asal Kabupaten Belu baik yang belum ataupun sudah memiliki produk – produk lokal untuk diperjual belikan secara online yang namanya sudah direkomendasikan oleh Dinas koperasi dan Usaha Kecil menengah Kabupaten Belu ini berlangsung selama dua hari, yakni dari tanggal 29 April sampai tanggal 30 april 2019.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, teks

Asisten Deputi Penelitian dan Pengkajian UMKM Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menegah – Christina Agustin, A.Pi. MM usai kegiatan mengatakan, pelatihan vocation atau pendidikan ketrampilan sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan ekonomi masyarakat terutama produk – produk lokal yang nantinya akan dipasarkan ke masyarakat.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk

“ Pemerintah saat ini fokus untuk membangun dari daerah pinggiran termasuk daerah teringgal didasarkan pada kearifan lokal yang mengadaptasi budaya dan tradisi masyarakat setempat, sehingga kedepannya para pemuda – pemudi asal Kabupaten Belu bisa mengembangkan usahanya dengan baik.” Ungkap Asisten Deputi.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang duduk

Salah seorang pelaku UMKM, Herdina Mau Asa mengatakan melalui pelatihan ini mereka diajarkan bagaimana cara memasarkan produk – produk melalui internet walaupun dalam perjalanannya mengalami sedikit kendala terutama produk kain tenun, Dirinya mengakui perangkat internet sangat membantunya dalam menambah penghasilan.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk, orang berdiri dan dalam ruangan

“ Saya berharap, dengan adanya pelatihan ini akan lebih memotivasinya untuk memasarkan produk – produknya melalui internet masyarakat” Ujar Herdina.
Materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut menyangkut Trend Digital UMKM Goes Online yang dibawakan Willy Agustian dari Sales Channel Associate blibli.com .

Foto/Berita: Frans Leki / Crandend Fontes

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.