DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN BELU, GELAR KEGIATAN KONFERENSI ANAK DAERAH (PEMILIHAN DUTA ANAK TAHUN 2019)

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Selasa(07/05), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belu, menggelar kegiatan Konferensi Anak Daerah (Pemilihan Duta Anak Tahun 2019), yang dibuka secara resmi oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Belu didampingi Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Belu –Marsianus Loe Mau, SH., Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belu- Dr. Joice Manek, M.MpH., di Aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih

Konferensi Anak Daerah (Pemilihan Duta Anak Tahun 2019) mengusung tema Terwujudnya Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak Menuju Belu Sejahtera ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belu bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya menjamin hak –hak anak dari segala bentuk kekerasan fisik, mental dan membentuk karakter serta menjaring pokok –pokok pikiran, merumuskan dan merekomendasikan dalam pemilihan duta anak belu untuk mengikuti forum anak tingkat Provinsi NTT di Kupang pada bulan Juni 2019 mendatang.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, tabel dan dalam ruangan

Sekertaris Daerah Kabupaten Belu dalam sambutannya mengatakan Konferensi Anak Daerah (KONFERDA) Kabupaten Belu Tahun 2019 dengan thema ‘’Terwujudnya Pemenuhan dan Perlindungan Hak Anak Menuju Belu Sejahtera’’ ini sebagai bentuk dukungan dan perhatian kepada anak –anak kita, dengan tujuan untuk mendorong anak-anak belu agar dapat menggembangkan potensi, minat, bakat serta kemampuannya dalam menyalurkan aspirasi anak serta mempercepat proses pemenuhan hak anak dan membangun pranata penggembangan potensi anak.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk dan teks

Dalam rangka penyelenggaraan perlindungan anak, negara dan pemerintah bertanggung jawab dalam penyediaan fasilitas dan asksebilitas bagi anak terutama dalam menjamin pertumbuhan dan perkembangan anak.

Gambar mungkin berisi: 12 orang, orang duduk

Diharapkan dengan adanya KONFERDA ini anak –anak dapat menjadi calon duta anak Kabupaten Belu yang akan memwakili Kabupaten Belu untuk berkompetisi pada ajang pemilihan duta anak di tingkat Provinsi NTT mendatang agar mereka juga dapat mempersiapkan diri secara baik.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belu- Dr. Joice Manek, M.MpH mengungkapkan KONFERDA ini diadakan untuk memilih perwakilan duta anak di wilayah Kabupaten Belu, namun yang paling utama adalah perlindungan hak anak dan anak harus tahu kewajban-kewajibannya.

Pada KONFERDA kali ini melibatkan siswa/siswi dari 20 sekolah tingkat SMP dan SMA dan setiap sekolah mengutus dua orang anak mewakili sekolah masing-masing yang ada di wilayah Kabupaten Belu, mereka akan diikutsertakan dalam beberapa kegiatan antara lain ketrampilan menulis opini sesuai thema, lomba pidato dan pentas busana daerah. Kegiatan-kegiatan ini yang menjadi dasar penilaian tim juri untuk menetapkan dua orang anak putra dan putri terbaik sebagai kontestan duta anak kabupaten belu Tahun 2019, selanjutnya duta anak belu yang terpilih akan mewakili Kabupaten Belu mengikuti konferensi anak daerah tingkat Provinsi NTT pada bulan juni 2019.

Gambar mungkin berisi: 23 orang, orang tersenyum, orang duduk

Dr. Joice juga mengingatkan setiap anak sebagai generasi muda harus memiliki 3 kecerdasan yakni kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Dan yang utama adalah attitude dan ketrampilan juga spiritual harus kuat agar bisa membentuk anak belu yang luar biasa.
Brindy M Laran, Duta Anak Belu Tahun 2016 dari forum anak daerah Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak mengaharapkan kepada anak atau generasi muda peserta konferda kali ini agar menjadikan kegiatan-kegiatan lomba sebagai ajang untuk melatih, menggali kreativitas menunjukan prestasi sebagai anak belu untuk lebih maju kedepan.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Perwakilan duta anak sekaligus bocoran dari forum anak Desa Dualaus pada Tahun 2016, menyampaikan pengalamannya sebagai duta anak belu saat mengikuti konferensi anak daerah tingkat Provinsi NTT di Labuan Bajo dan konferensi anak nasional di Mataram, bagi saya satu pengalaman sangat berguna karena selain saya dilatih membangun kreativitas juga berpikir lebih kritis dan positif dalam mengembangkan diri kedepan
Brindy juga berpesan kepada anak muda lainnya untuk tetap semangat dan berprestasi, kita anak perbatasan tetapi tidak terbatas.

Konferensi Anak Daerah (Pemilihan Duta Anak Tahun 2019) menghadirkan peserta dari kalangan pelajar SMP dan SMA dan forum anak daerah kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 7-8 Mei 2019 ini dengan menggelar berbagai kegiatan diantaranya hari pertama workshop tentang penguatan kapasitas dengan materi pemenuhan dan perlindungan anak oleh Dr. Joice Manek, M.MpH.

Berita /Foto: Asih Mukti & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.