DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BELU MENYERAHKAN SECARA SIMBOLIS DOKUMEN KEPENDUDUKAN BAGI MASYARAKAT SADI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Rabu (10/07), Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu melakukan serah terima dokumen kependudukan bagi masyarakat Desa Sadi, bertempat di kantor Desa Sadi, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Penyerahan dokumen ini merupakan tindak lanjut program Dinas Kependudukuan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu dalam rangka Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang merupakan gerakan Nasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentinggnya dokumen data kependudukan dan manfaatnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan pelayanan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan dalam ruangan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu – Drs. Wilibrodus Leto mengatakan dalam mengurus dokumen kependudukan yang menjadi sampel utama yakni Desa Leosama, Desa Bauho dan Desa Sadi yang berada di dua Kecamatan yakni Kecamatan Tastim dan Kecamatan Kakuluk Mesak . Dalam pengurusan dokumen kependudukan mengalami kemajuan oleh karena timnya yang terjun ke desa – desa untuk mengambil data kependudukan dalam rangka penerbitan dokumen kependudukan.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri, orang duduk dan dalam ruangan

“Dengan adanya kehadiran masyarakat pada tiga Desa ini dalam pengurusan dokumen kependudukan mengalami peningkatan yang signifikan dari 46,58% menjadi 68,80%, penambahannya menjadi 25%,” ungkap Kadis.

Selanjutnya Kadis juga mengatakan program pelayanan ini sangat positif dalam mendukung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam mengurus dokumen kependudukan bagi masyarakat.

“Kedepannya kita berharap agar dalam mengurus dokumen yang ada di dua belas kecamatan ini bisa mencapai 100 persen. Untuk mencapai peresentasi ini saya akan menerjunkan tim ke Desa-desa untuk mengambil data kependudukan dan kita akan terbitkan dokumen–dokumen yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama dokumen, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Nikah dan Akta Kematian. Program ini juga merupakan dukungan bagi Kepala Bidang Pencatatan Sipil – Maksimus Mau Meta yang sementara ini sedang mengikuti PIM III di Kupang yang akan mengikuti Ujian pada 17 Juli 2019 mendatang,” ujar Kadis.

Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang duduk dan dalam ruangan

Kepala Desa Sadi – Antonius Laka Mali,SE mengatakan mewakili masyarakat Desa Sadi dirinya mengucapkan terimakasi kepada kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang telah memudahkan masyarakatnya dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Dinas dan Pak Kadis serta Timnya yang telah memperlancar kepengurusan dokumen kependudukan, semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut agar semua warga masyarakat itu bisa terdaftar secara sah di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” Ungkap Kades Sadi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, berdiri dan dalam ruangan

Salah satu warga Desa Sadi, Frida A. Bere yang menerima dokumen Akta Kelahiran anaknya mengatakan Program yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini sangat membantunya oleh karena mempermudah bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Program ini sangat membantu kami dalam mengurus dokumen kependudukan kami oleh karena tidak membuat kami harus menuju Atambua untuk mengurus dokumen kami,” Ungkap Frida
Berita/Foto: Hengki Mao & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.