DEKRANASDA SUGUHKAN FASHION SHOW TENUN IKAT WARLAMI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB.BELU – Minggu (27/10), Road to Festival Fulan Fehan di hari ketiga, Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Pariwisata kembali menyuguhkan berbagai kegiatan, salah satunya Fashion Show Busana Tenun Ikat Belu. Fashion Show ini secara langsung digagas oleh Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belu berlangsung di Pelataran Plaza Pelayanan Publik Timor – Atambua.
Pelaksanaan Fashion Show yang bertajuk ‘’ Fashion Show Tenun Tais Belu’’ ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian dan kecintaan masyarakat terhadap kain tenun dan budaya di Kabupaten Belu.

Ketua Dekranasda Kabupaten Belu yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Belu – Ny. Lidwina Viviawati Ng Lay mengatakan Fhasion Show ini diadakan spesial kepada ibu – ibu penenun di Kabupaten Belu dengan tujuan selain memberikan semangat, juga sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan kualitas tenun ikat Kab. Belu terutama tenun ikat yang dibuat menggunakan pewarna alami (Warlami).

‘’Jadi, saya harapkan kita harus terus menggunakan tenunan yang asli bukan tenunan dari luar dan atau ditiru karena kain tenun ini seperti sesuatu yang berisikan spirit, roh yang dibuat dengan perasaan cinta, sehingga sudah dikenal bukan saja di Indonesia tetapi di dunia ’’ ungkap Ibu Vivi – Ketua Dekranasda Kab. Belu ketika menyampaikan sepatah dua kata pada Road to Festival Fulan Fehan hari ketiga.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Belu saya berterima kasih kepada para penenun di Kabupaten Belu yang sebagai salah satu ujung tombak dalam menghasilkan kain adat yang begitu indah dan menarik. Kedepannya kita terus mempromosikan tenun ikat Kab. Belu dengan terus memperkenalkannya kepada generasi penerus agar tidak hilang atau putus begitu saja.
’’Kecintaan saya kepada warisan budaya nenek moyang ini sangat luar biasa, karenanya saya mengajak kita semua agar terus mencintai tenun ikat kita sendiri yaitu Tenun Ikat Kab. Belu bukan tenun daerah lainnya,’’ kata Ibu Vivi Ng Lay.

Tidak hanya menyajikan Fashion Show Tenun Ikat khas Kabupaten Belu, turut tampil juga dalam kegiatan Road to Festival Fulan Fehan hari ketiga ini Asosiasi Cultura Wewiku Wehali Timor Leste dan Sanggar Kesenian dari Kabupaten Alor.

Turut hadir menyaksikan kegiatan Fashion Show Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Agent Consulado Timor Leste – Paulo Dacosta Ximenes, Perwakilan Kementerian Pariwisata RI, Dirjen Kementerian Kebudayaan RI, Wali Kota Kupang – Jefri Riwu Kore, Pejabat yang mewakil Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Alor dan Kabupaten Sumba Barat Daya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Belu yang juga menjabat sebagai Plt. Kadis Pariwisata Kab. Belu – Johanes Andes Prihatin, SE,M.Si dan Para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Belu, Tamu Kehormatan – Kaka Slank bersama Istri dan Masyarakat Kab. Belu.

Berita / Foto : Norci Man, Hengki Mao, Sipri Luma, Agus Silla dan Ichy Klau

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.