BUPATI BELU SEBAGAI IRUP PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Sabtu (01/06), Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Kabupaten Belu melaksanakan upacara bendera di halaman Kantor Bupati Belu. Bertindak sebagai Pembina upacara, Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang di panggung, orang berdiri, langit, topi, pohon dan luar ruangan

Dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang dibacakan Bupati Belu mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, Walaupun kita sebagai bangsa yang masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai – nilai Pancasila, perlu diakui bahwa eksistensi keIndonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri dan luar ruangan

Dikatakan Kepala BPIP RI bahwa Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, Flora, Fauna hingga aspek antropologi dan sosiologi masyarakat dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Oleh karena itu Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, pohon, langit, rumput, luar ruangan dan alam

Diharapkan dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila, mari membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Lebih lanjut Bupati Belu – Willybrodus Lay, SH menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila yang setiap 1 Juni dilaksanakan ini sebagai salah satu momentum yang hendaknya diperingati bersama untuk merefleksikan diri kearah yang lebih baik, karena Pancasila sebagai ideologi Negara yang mampu menyatukan kita diantara perbedaan dan keanekaragaman duniawi. Diakui Bupati Belu, Kabupaten Belu merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang memiliki toleransi yang tinggi dan akan terus dipupuk untuk membangun harapan bangsa dan negara.

Gambar mungkin berisi: langit, pohon dan luar ruangan Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, orang berdiri, langit, rumput, pohon, luar ruangan dan alam

“ Karena itu, melalui moment ini kita jaga kebhinekaan dalam kehidupan sehari – hari untuk mewujudkan ketenteraman dan kenyamanan di Kabupaten Belu”, tutur Bupati Belu.

Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang tersenyum, orang berdiri, langit dan luar ruangan

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini diikuti Wakil Bupati Belu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Belu dan beberapa Instansi vertikal lainnya.

Foto/Berita : Norci Jhon dan Jun Naibuti

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.