PRESIDEN RDTL, RESMIKAN BANDARA INTERNASIONAL DE OECUSSE, TIMOR LESTE

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Selasa (18/6), Presiden Republik Demokratik Timor Leste – Dr. Fransisco Guteres Lu Olo, meresmikan Bandara Internasional De Oecusse “Rota Do Sandalo” (Pohon Cendana-Red). Acara peresmian ini di tandai dengan penekanan tombol pengoperasian bandara oleh Presiden Timor Leste Dr. Fransisco Guteres Lu Olo dan didampingi oleh Menteri Transportasi dan Komunikasi RDTL – Agustino Da Silva, Gubernur NusaTenggara Timur (NTT) – Viktor Bungtilu Laiskodat, SH, Kepala Daerah Administratif Khusus Oecusse – Dr. Marie Alkatiri, Mantan Presiden RDTL – Dr. Jose Ramos Horta dan Panglima UPF Lere Anan Timor.

Gambar mungkin berisi: 8 orang, orang berdiri dan pakaian

Dalam Sambutannya, Presiden RDTL – Dr. Fransisco Guteres Lu Olo menyampaikan Oecusse merupakan salah satu tempat sejarah yang di miliki oleh Negara Timor Leste di mana Oecusse merupakan masuknya agama Katolik pertama kali di Timor Leste.

“Dengan dibangunnya Bandar Udara Internasional Oecusse Rota Do Sandalo ini dapat meningkatkan Ekonomi – Sosial masyarakat Timor Leste pada umumnya dan masyarakat Oecusse pada khususnya dalam pasar global internasional. Pada masa pemerintahan Presiden Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Dr. Marie Alkatiri telah memberikan Oecusse Ambeno yang merupakan daerah administratif khusus sosial dan ekonomi bagi Timor Leste,” kata Presiden RDTL.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, berdiri

Selanjutnya Presiden Timor Leste juga menyampaikan pembangunan bandara ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah Timor Leste untuk membangun Oecusse terutama dalam memudahkan konektivitas antar negara. Diakhir sambutannya Presiden Timor Leste Dr. Fransisco Guteres Lu Olo menyampaikan kepada seluruh masyarakat Oecusse agar dapat memberikan dukungan dan kerja sama yang baik demi pembangunan di wilayah Oecusse.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri

Selain itu Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste – Sahat Sitorus menyampaikan ini merupakan momentum sejarah baru dalam melakukan hubungan kerja sama antar kedua negara dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya antar dua wilayah Timor Leste dan Indonesia terutama Provinsi Nusa Tenggara Timur, karena antara Timor Leste dan NTT masih memiliki hubungan yang sangat erat seperti adat istiadat dan budaya.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

“Dengan dibangunnya Bandara Internasional De Oecusse Rota Do Sandalo ini kerja sama Ekonomi, Pariwisata dan Pendidikan semoga semakin meningkat di antara kedua negara terutama Provinsi NTT dan Oecusse Timor Leste,” harap Dubes Indonesia untuk Timor Leste.

Lebih lanjut Dubes Indonesia – Sahat Sitorus, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak maskapai Trans Nusa yang telah melakukan landing perdana di Bandara Internasional De Oecusse Rota Do Sandalo yang merupakan batu loncatan kerja sama antara Timor Leste dan Indonesia dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan pariwisata kedepan. Dirinya juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur, Bupati Belu, Bupati TTU, Bupati Malaka dan Wali Kota Kupang yang telah hadir dalam peresmian Bandara Internasional De Oecusse Rota Do Sandalo.

Pembangunan bandara ini juga diharapkan dapat mempermudah konektivitas antara Dili ibu kota Negara RDTL dan Oecusse. Untuk di ketahui pembangunan Bandara Internasional De Oecusse Rota Do Sandalo ini dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA yang merupakan BUMN Indonesia sejak Tahun 2015 silam.

Foto/Berita : Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.