BP4D GELAR RAPAT PERSIAPAN RKPD KAB. BELU TAHUN 2021

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Jumat (24/01), Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Belu mengelar rapat Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Tahun 2021, berlangsung di Aula Kantor Bp4d Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, tabel dan dalam ruangan

Rapat Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Tahun 2021 dengan tema ‘’ Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Pembangunan Sumberdaya Manusia Dan Infrastuktur Berbasis Lingkungan Hidup’’ dan dalam rangka persiapan penyusunan rancangan awal Rencana KerjaPemerintah Daerah (RKPD) kabupaten belu Tahun 2021, dibuka oleh kepala BP4D Kab.belu – Ir. Florianus Nahak, M,Si, dihadiri PLH Sekda Kabupaten Belu- Drs. Marsel Maumeta, Asisten Tiga Sekda Belu- Drs. Alfredo Amaral dan para Pimpinan OPD.

Kepala BP4D Kabupaten Belu –Ir. Florianus Nahak, M,Si mengatakan sesuai dengan kalender kerja BP4D saat ini telah masuk pada tataran perumusan kebijakan pendapatan belanja dan penerimaan, oleh karena itu BP4D mengundang OPD-OPD sebagai penerima dan pengelola pendapatan untuk bisa mengetahui secara pasti potensi yang ada di masing –masing OPD tersebut. Selanjutnya tanggal 28 Januari nanti akan dibahas secara rinci dalam RENJA dari OPD yang bersangkutan, karena dari pendapatan khusus pada Pendapatan Asli Daerah itu akan menjadi sumber pembiayaan untuk pembelanjaan di APBD.

Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk dan dalam ruangan

“Untuk Tahun 2021 kita tidak menargetkan yang terlalu optimis tetapi kita mencoba dengan melihat kembali kemampuan keuangan daerah dengan melakukan perhitungan –perhitungan yang rasional,”terangnya.

Tahun ini lanjut Flori, BP4D akan merancang perencanaan total pagu penerimaan dan akan dihitung potensi yang sesungguhnya dan obyek belanja sesuai dengan target RPJMD pada tahun 2021, karena pada tahun 2021 target RPJMD Kabupaten Belu sudah masuk pada tataran tahun transisi untuk menyiapkan RPJMD teknokrat dimana akan dilanjutkan pada RPJP tahap ke lima atau tahap akhir dari RPJP 25 tahun.

Gambar mungkin berisi: 7 orang, orang duduk

Lebih lanjut mantan Kepala Dinas perindustrian dan Perdagangan ini mengatakan program kegitan yang dilakukan masih sesuai dengan target RPJMD tahun 2016-2021, walaupun tahun transisi program kegiatan masih mengaju pada program kerja bupati dan wakil bupati.

“Tahun ini kami akan membuat kalender kerja yang tertib bagi semua OPD, dan kami akan jadwalkan kegiatan sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan, oleh karena itu semua OPD wajib melihat kembali RESTRA dan RENJA untuk tahun 2021 sehingga ketika dilakukan pembahasan detail pada tanggal 28 nanti semua OPD harus membawa dokumen yang lengkap, karena target pembahasan paling lama 2 hari, jadi OPD wajib untuk hadir dan tepat waktu dalam pembuatan dokumen,” tegasnya

Berita /Foto: Asih Mukti, Jun Naibuti & Domi Bitin

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.