BBPLK BEKASI GELAR PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI BAGI 26 PEMUDA – PEMUDI ASAL BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Rabu (20/03), Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya dan Tenaga Kerja, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk melaksanakan proses perekrutan khususnya masyarakat Kabupaten Belu yang mana proses perekrutan tersebut merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Belu dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi.

Adapun proses perekrutan itu antara lain pelatihan komputer, perakitan komputer, teknisi komputer, teknisi AC, barista/pariwisata, teknisi telepon seluler, customer service, design graphic dan network profesional. Peserta yang akan di bawah untuk mengikuti pelatihan di BBPLK Bekasi sebanyak 16 orang. Hasil perekrutan tersebut nantinya langsung disampaikan ke Kementrian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI. Hal itu dikatakan Instruktur Elektronika BBPLK Bekasi, Barita M. Nababan, usai memberikan pelatihan berbasis kompetensi bagi 26 pemuda– pemudi asal Kabupaten Belu.

Salah satu peserta pelatihan komputer berbasis kompetensi, Franti Viani Manes menyampaikan terima kasih kepada BBPLK Bekasi yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini karena itu, menurutnya melalui pelatihan tersebut dirinya merasa sangat terbantusekali. Franti berharap, jika lulus seleksi nanti bisa mengikuti pelatihan di Bekasi untuk mengasa kemapuannya lebih dalam lagi.

‘’Saya harap setelah mendapat sertivikat dari BBPLK Bekasi, saya bisa menambah motivasi dan kemampuan saya di daerah asal saya,” ungkap Franti usai mengikuti tes berbasis kompetensi

Untuk diketahui, pelatihan berbasis kompetensi ini melalui 2 tahapan, yakni seleksi tertulis dan wawancara sesuai dengan bakat dan pilihan masing–masing peserta.

.
.
Foto/Bertita: Frans Leki & Ischa Tae

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.