BAWASLU BELU SELENGGARAKAN TES TERTULIS BERBASIS ONLINE DAN WAWANCARA BAGI CALON PANWASCAM

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Junat (13/12), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belu menyelenggarakan tes tertulis dengan sistem online dan wawancara bagi calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), bertempat di Gedung SMKN 1 Atambua dan Kantor Bawaslu Kabupaten Belu.

Tes tertulis dengan sistem online dan wawancara ini diikuti oleh 173 orang dari 12 Kecamatan se – Kabupaten Belu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belu – Andreas Parera, S.Fil menyebut, tes tertulis dengan sistem online dan wawancara ini merupakan salah satu tahapan perekrutan panwascam dalam rangka pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Belu tahun 2020 mendatang, yang mana seluruh prosesnya sudah dimulai sejak tanggal 13 hingga 26 November 2019 yang lalu. Selanjutnya, pihaknya melakukan Ferivikasi data yang sudah dimasukan pada tanggal 27 November hingga 3 Desember 2019. Ia menambahkan, sesuai data yang ada, tercatat 178 orang yang memasukan berkas. Berdasarkan hasil Ferivikasi, 6 orang dinyatakan tidak lolos dengan alasan umur yang melebihi batas saat mendaftar sehingga pada tanggal 10 Desember 2019 pihaknya mengumumkan hasil Ferivikasi terakhir dan tercatat 172 peserta yang dinyatakan lulus untuk mengikuti tes tertulis dengn sistem online dan wawancara. Karena itu ia berharap, proses ini bisa berjalan sesuai regulasi yang ada.

” Tes online hari ini terjadi di seluruh Indonesia, serentak pada jam yang sama. Di Belu kita lakukan dalam 9 tim. 1 hari 6 tim. 1 tim itu 20 orang dengan waktu 90 menit. Hari kedua 3 tim lagi. Pada saat yang sama setelah mereka keluar dari ruangan tes on line dilanjutkan dengan wawancara. Proses wawancara dilakukan mulai hari ini sampai tanggal 16 Desember 2019. Kami usahakan sedapat mungkin proses ini berjalan sesuai regulasi yang ada,” ungkapnya.

Yovianus L. Bere salah seorang peserta tes asal Kecamatan Raihat mengungkapkan, tes berbasis online ini merupakan suatu bentuk kemajuan dari Bawaslu Kabupaten Belu merekrut calon panwascam dalam rangka pilkada Kabupaten Belu 2020 mendatang walaupun dalam prosesnya sedikit mengalami kendala. Karena itu, ia berharap Bawaslu Kabupaten Belu terus meningkatkan pelayanan, sehingga semua kandala bisa diatasi.

“Saya baru pertama ikut tes berbasis on line. Meski ada sedikit kendala, tapi bisa di atasi dengan baik oleh panwascam terkait waktu, jaringan internet dan tempat,” ujarnya.

Sesuai jadwal, untuk tes wawancara tanggal 13 dan 14 Desember 2019 bertempat di SMKN 1 Atambua dan tanggal 15 dan 16 Desember 2019 bertempat di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Belu.

Foto/Berita: Frans Leki & Okto Mali

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.