ANAK USIA 0 – 17 TAHUN WAJIB PUNYA KARTU IDENTITAS ANAK (KIA)

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—SELASA (10/12), Kartu Identitas anak (KIA) merupakan Dokumen Identitas Diri yang harus di miliki oleh anak yang berusia 0 – kurang 17 tahun, pengurusan KIA dapat melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Belu.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri

Berdasarkan Pasal 2 Permendagri nomor 2 tahun 2016, tentang Kartu Identitas Anak menyebutkan bahwa tujuan Pemerintah menerbitkan KIA adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak dan konstitusional warga negara.

Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Belu – Maria Goreti Kiik, SH menyampaikan manfaat dari KIA yakni untuk pendaftaran anak ke sekolah, sebagai syarat untuk mendapat beasiswa, untuk pelayanan kesehatan, sebagai transaksi keuangan di perbankan, pembuatan dokumen keimigrasian, dan KIA sebagai dokumen diri.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk

‘’ Pengurusan KIA sudah di perkenalkan di tiga desa yakni Desa Lakmaras, Desa Teun dan Desa Tulakadi, di rencanakan pada tahun 2020 akan di launching pada tiga desa model ini dengan mengudang kepala sekolah, camat dan lurah,’’ kata Maria Goreti Kiik.

Maria Goreti Kiik juga menyebutkan persyaratan yang harus di penuhi untuk mengurus KIA ini yakni melampirkan pas foto 3x4cm satu lembar, foto copy KK satu lembar, foto copy Akta Kelahiran satu lembar.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan

‘’Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar mengurus kartu identitas anak dengan membawa persyaratan yang sudah di tentukan karena sangat penting. Kartu Identitas Anak ini bentuknya sama dengan KTP namun yang membedakannya adalah KTP berwarna biru sedangkan KIA berwarna merah muda,’’ jelas Plt.

Pengurusan KIA bagi anak usia 0-5 tahun tanpa menggunakan pas foto berwarna sedangkan bagi anak usia enam tahun sampai kurang satu hari 17 tahun harus memenuhi persyaratan dengan membawa pas foto satu lembar ukuran 3×4. KIA akan di ganti dengan KTP Elektronik pada saat anak tersebut berusia genap 17 tahun.

Berita/Foto: Ria Mauk dan Norcy Man

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.