BIDANG IT MELAKUKAN MONEV DAN SURVEY TEKNIS AKSES INTERNET BANTUAN BAKTI KOMINFO RI

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU–Rabu (18/12), Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Edy Bone Lau, S.IP didampingi Kepala Bidang Infrastruktur dan Teknologi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu – Djitro Dj. Muskanan, S.Sos bersama Tim melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi maupun survey teknis di beberapa lokasi penerima maupun calon penerima bantuan akses internet pada hari Rabu (11/12).

Berikut adalah Lokasi penerima bantuan akses internet yang dikunjungi yakni di Kapela Paroki Laktutus, Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Dubesi dan di Kantor Desa Mandeu, Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu.

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini antara lain adalah untuk melihat secara langsung kondisi perangkat akses internet yang terpasang pada tahun 2019, baik pemancar V-sat, kestabilan bandwith yang tersedia maupun power baterai, selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana upaya-upaya yang dilakukan oleh pengelola memasuki musim hujan agar tetap menjaga dan merawat peralatan yang ada dari kemungkinan terjadinya gangguan jaringan dan juga untuk mengetahui seberapa pentingnya pemanfaatan akses internet oleh masyarakat, terutama kebutuhan informasi dan data yang dibutuhkan masyarakat.

Pater Charles – Salah satu Pastor Paroki Laktutus di Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Dubesi yang bertugas mengelola akses internet terpasang tahun 2019 di Kapela tersebut mengatakan bahwa untuk menjaga dan merawat peralatan tersebut, dirinya selalu berkomunikasi aktif dengan vendor penyedia V-Sat K band di jawa, agar keberadaan Internet bantuan tersebut berjalan stabil.

Adapun kegiatan monitoring dan evaluasi serta survey teknis yang dilakukan oleh tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu yang tersebar di beberapa lokasi, baik di Kecamatan maupun di Desa diantaranya di Kantor Desa Henes dan Makir, Pos Pamtas RI-RDTL di Fohoeka, Salore dan Tulakadi, Kantor Desa Dualaus, Jenilu, Kenebibi, Leosama dan Fatuketi, di Kecamatan Kakuluk Mesak maupun di SMAN 2 Tasifeto Timur di Desa Sadi.


Selain itu monitoring dan evaluasi serta survey teknis juga dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Atambua Barat, PKM Atambua Selatan, PKM Lamaknen Selatan, PKM Weluli, PKM Haekesak, PKM Halilulik, Kantor Desa Sarabau, Kantor Camat Lasiolat, SMK St. Yoseph Nenuk dan Seminari Lalian Kecamatan Tasifeto Barat.

Sementara itu di tempat terpisah, Camat Lasiolat – L. Stef Donpiera, S.Sos mengatakan sangat berterima kasih dengan adanya alokasi akses Internet di Kantor Camat.

“ Kami selaku camat menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Belu dan juga Kemenkominfo RI melalui dinas terkait yang telah menyediakan kemudahan bagi masyarakat lewat program ini. Sehingga saat ini akses internet yang telah menjadi kebutuhan masyarakat di Kecamatan Lasiolat telah terbantu,” ungkapnya.

Berita/Foto: Tim Bidang Infrastruktur dan Teknologi pada Diskominfo Kab. Belu

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.