PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTEK PEMBUATAN PAKAN TERNAK BAGI PETERNAK PEMULA

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU–Rabu (11/12), Memasuki hari kedua pelatihan kewirausahaan pengolahan pakan ternak juga dilakukan praktek pembuatan pakan ternak dengan cara silase atau pengawetan pakan dengan cara fermentasi bagi para peternak pemula di wilayah Kabupaten Belu, praktek di lakukan di Halaman Hotel Liurai Atambua.

Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang berdiri

Praktek pengolahan pakan ternak yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah ini bertujuan untuk mengasah keterampilan dan menambah pengetahuan tentang pemanfaatan pakan ternak dengan mengunakan bahan lokal untuk diolah dengan cara fermentasi atau silase.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu – Drs. Hasan Mukin pada kegiatan ini mengatakan pengolahan pakan ternak tersebut bertujuan untuk mengantisipasi kondisi alam kita yang saat ini sangat susah untuk mendapatkan makanan ataupun rumput hijau.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

Oleh karena itu untuk mengantisipasinya Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Belu melakukan program kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak, kegiatan ini diikuti para peternak pemula baik itu peternak babi maupun peternak sapi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, duduk, anak dan luar ruangan

Hasan Mukin berpesan kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini saja namun harus terus berlanjut dan dapat bermanfaat bagi para peserta, dan selepas kegiatan ini Dinas akan terus memantau dengan melakukan pendampingan.

Salah seorang Instruktur dari Dinas Peternakan Kabupaten Belu – Michael S. Moruk, S.Pt mengatakan praktek kita hari ini dengan membuat pakan ternak babi dengan melakukan fermentasi dengan bahan dari batang pisang dan talas dimana kebutuhan proteinnya sama dengan produk-produk pakan ternak jadi, hal ini untuk menekan biaya pakan ternak yang cukup tinggi.

Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang berdiri, orang duduk dan luar ruangan

Langkah yang harus dilakukan dalam proses pembuatan fermentasi yakni dengan mempersiapkan bahan-bahan lokal seperti, batang pisang, talas, dedak padi, dedak jagung, gula pasir, E4. Selanjutnya dilakukan pencacahan bahan seperti batang pisang dan talas sampai halus, dilanjutkan dengan pencampuran dedak padi, dedak jagung kemudian di aduk sampai rata dan dilanjutkan dengan pelarutan gula pasir, E4 dan setelah itu dilanjutkan dengan pencampuran semua bahan dan terakhir dimasukkan di dalam ember plastik dan siap difermentasi hingga 1 minggu.

Salah seorang peserta pelatihan – Dave Benggu mengatakan pelatihan ini sangat luar biasa, karena kami sebagai peternak pemula sangat membutuhkan informasi tentang pakan ternak.

Gambar mungkin berisi: 1 orang, tersenyum, berdiri

” Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Belu yang telah menyelenggarakan pelatihan ini, karena dengan mengikuti pelatihan ini dapat menambah pengetahuan akan pengolahan pakan ternak, dan setelah mengikuti pelatihan ini kami akan terapkan dirumah tentang cara pembuatan pakan ternak tersebut”, ujarnya disela-sela kegiatan pelatihan.

Berita/Foto: Asih Mukti & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.