MESIN RICE MILING UNIT (RMU) TINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (22/11) Bantuan Mesin Rice miling Unit (RMU) yang diberikan Kementerian Direktorat Pengembangan Usaha Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI kepada Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Transmigrasi Kabupaten Belu membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi melalui BUMDES.

Desa Dafala dengan jumlah penduduk 1.639 jiwa dan luas wilyaah 14.350 meter persegi sebagian besar masyarakatnya hidup bertani dengan mengandalkan lahan persawahan, kehadiran mesin RMU yang baru pertama kali ada di Kabupaten Belu, tepatnya di Kawasan Transmigrasi Upt Sanabibi sangat membantu masyarakat untuk melakukan penggilingan gabah menjadi beras karena dapat menghemat biaya, tenaga dan meningkatkan perekonomian.

Camat Tasifeto Timur – Vinsensius I Moruk, ST mengatakan terkait dengan mesin RMU yang akan di kelola oleh Badan Usaha Milik desa (Bumdes), Pemerintah Kecamatan akan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa untuk bagaimana proses tidak hanya sampai penggilingan saja namun ada peningkatan pendapatan.

‘’ Desa Dafala sebagai salah satu Desa sentra padi setelah proses pengilingan kita langsung ke pengepakan untuk di jual, kami sangat berterimakasih kepada Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI yang sudah membantu masyarakat di wilayah kami,’’ ucap Camat.

Lebih lanjut Camat Tastim berharap sentuhan dan bantuan dari Kementerian ini bisa berlanjut tidak sampai pada mesin ini saja tetapi ada bentuk pelatihan lagi pada peningkatan kapasitas pengepakan bagi masyrakat.

Salah satu masyarakat Desa Dafala – Willybrodus Ikun Saka mengungkapkan kehadiran mesin RMU sangat membantu mereka dalam melakukan penggilingan, oleh karena dulu mereka hanya menggunakan peralatan menggiling tradisional dan mesin giling lainnya namun hasilnya tidak sebagus dengan menggunakan mesin RMU.

‘’Saya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah yang sudah memperhatikan kami. Dengan adanya mesin RMU, kami bisa bisa menghemat waktu dan biaya karena mesin sudah ada di tengah-tengah kami,’’ ungkapnya.

Berita/Foto: Ria mauk dan Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.