WABUP BELU LAKUKAN UJI COBA MESIN RICE MILING UNIT (RMU)

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU – Jumat (22/11) Wakil Bupati belu melakukan uji coba mesin penggiling gabah Rice Miling Unit (RMU) yang terletak di kawasan transmigrasi Upt Sanabibi Dusun Bubur laran Desa Dafala Kecamatan Tasifeto Timur.

1 unit Mesin penggiling gabah Rice Miling Unit (RMU) merupakan bantuan dari Direktorat Pengembangan Usaha Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI kepada Pemerintah Kabupaten Belu melalui Dinas Transmigrasi Kabupaten Belu untuk membantu masyarakat petani melakukan penggilingan gabah menjadi beras.

Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI yang sudah memberikan bantuan mesin Rice Miling Unit agar hasil pertanian masyarakat berupa padi di proses menggunakan alat ini sehingga apabila hasilnya banyak dapat memproduksi beras sendiri kedepannya.

‘’Saya mau peringatkan kepada mereka yang mengelola mesin ini agar teliti dan perhatian terutama dalam mengoperasikan karena mesin ini cukup rumit, sehingga keawetan mesin dapat terjaga selalu, selain itu semua masyarakat juga harus punya tanggung jawab dalam pemeliharaan mesin. Mesin ini di berikan kepada kita untuk mengembangkan potensi yang ada di sini khusus persawahan secara lebih baik oleh karena itu harus di manfaatkan demi kepentingan masyarakat. Saya minta kepada Mama dan Bapa sekalian manfaatkan bantuan ini, pergunakan mesin ini sebaik-baiknya untuk menggiling padi,’’ kata Wabup.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Belu – Laurentius Nahak Kiik, M.Si menyampaikan kehadiran mesin RMU ini untuk produktivitas yang tinggi, oleh karena itu harus ada Bumdes di Desa ini untuk berkolaborasi dengan semua desa yang ada sehingga mesin ini bisa di optimalkan, Karena mesin ini berada di daerah transmigrasi, harapan kita ada pertumbuhan ekonomi di wilayah ini.

Lanjut Kadis mesin ini mendapat pengawasan langsung dari pemerintah pusat dan Dinas Nakertrans Kabupaten Belu untuk waktu kurang lebih lima tahun, setelah waktu itu akan di serahkan kepada Pemerintah Kabupaten Belu dan secara teknis Pemkab Belu akan menyerahkan kepada Pemerintah Kecamatan atau Desa.

Uji coba mesin RMU juga di saksikan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Belu, Camat Tasifeto Timur dan Masyarakat.

Berita/Foto: Ria Mauk dan Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.