TINGKATKAN PRODUKTIVITAS PERTANIAN, PEMERINTAH KABUPATEN BELU BUKA LAHAN GARAPAN BARU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU — Rabu (20/11), Program pembukaan lahan garapan baru bagi masyarakat Kabupaten Belu setiap tahunnya terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Belu.

Untuk Tahun Anggaran 2019 Pemerintah mengalokasikan anggaran pembukaan lahan baru seluas 18Ha, khusus untuk Desa Dafala Pemerintah mengalokasikan pembukaan lahan baru seluas 8 Ha.

Kadis Tanaman Pangan dan Holticultura Kabupaten Belu – Gerardus Mbulu mengatakan pengolahan lahan seluas 4,5ha menggunakan dana APBD ini dilakukan untuk membantu masyarakat Desa Dafala selanjutnya akan ditanami dengan tanaman Holtikultura. Kadis juga menambahkan Pemerintah Kabupaten Belu khususunya Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Belu akan mengintervensi penanaman baik dari segi benih, pupuk dan pendampingan oleh PPL, sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat khususnya kelompok tani Ai See.

Pada tempat yang sama, Ketua Kelompok Ai See – Yulianus Berek mengatakan embung yang dibangun tahun 2018 tersebut belum dimanfaatkan selama ini, sehinga ia dan anggota kelompok bertekat untuk menggarap dan menanami dengan berbagai tanaman holtikuktura, sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“ Saya dan anggota Kelompok menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada Pemerintah Kabupaten Belu yang telah membantu dan mendampingi kami dengan peralatan untuk menggarap lahan ini. Kedepan hidup kami tidak akan lagi bergantung pada lahan sawah tapi saat musim kemarau kami akan terus bekerja dengan memanfaatkan air embung yang telah ditampung pada musim Hujan,” tegasnya.

Foto/Berita: Anna Ukat, Sipri Luma & Dion Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.