SOSIALISASI KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI (KIE) OBAT DAN MAKANAN BAGI PARA PELAJAR DAN ASN PEMDA BELU

Facebookyoutubeinstagram

DINAS KOMINFO KAB. BELU—Rabu(20 /11), Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan, yang berlangsung di Aula Gedung Wanita Betelalenok Atambua.

Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan ini diselenggarakan oleh Balai POM Kupang dan Balai Pos Pom Atambua dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang produk obat – obatan maupun kosmetik kepada para pelajar dan perwakilan ASN yang ada di wilayah Kabupaten Belu.

Kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan ini dihadiri Kasie Informasi dan Komunikasi Balai POM di Kupang – Drs.Yoseph Nahak Klau, Apt., M.Sc, Kasie Pengujian Mikro Biologi Balai POM di kupang – Drs. Jafet Rampo,Apt dan para pelajar tingkat SMP dan tingkat SMA yang ada di Wilayah Kota Atambua.

Wakil Bupati Belu – Drs. J. T. Ose Luan memberi apreasiasi kepada Balai POM Kupang maupun Belu yang telah berinisiatif untuk menggelar kegiatan sosialisasi, sesuatu yang sangat bermanfaat bagi generasi kita, apalagi dengan menghadirkan para pelajar. Hal ini akan bisa diketahui dan dipahami apalagi ini tentang makanan dan obat yang standar dan resmi serta yang ilegal dan layak untuk dikonsumsi.

“ Menurut saya komunikasi, informasi dan edukasi ini sangat bermanfaat karena ada nilai –nilai yang ditanamkan untuk mereka lebih mengetahui dan lebih waspada terhadap produk-produk baik itu obat maupun makanan, tentunya jika sudah ada kewaspadaan dari anak – anak baik itu dalam mengkonsumsi makanan maupun memakai produk kosmetik, saya kira ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Kasie Informasi dan Komunikasi Balai POM di Kupang – Drs.Yoseph Nahak Klau, Apt., M.Sc menyebutkan Sosialisasi ini sangat penting dilakukan supaya kita punya masyarakat maupun anak – anak kita bisa mengetahui produk yang baik, baik itu produk kosmetik, obat dan suplemen seperti apa, sehingga mereka bisa memilih produk yang benar maupun yang baik.

“ Dari hasil pengawasan banyak produk kosmetik maupun makanan yang tidak ada ijin edar, tidak layak dan kadaluarsa, agar masyarakat tidak menjadi korban, maka masyarakat kita beri edukasi agar bisa memilih yang benar, dan bagi pelaku usaha juga akan dikasi sangsi, peringatan keras dan penindakan lebih lanjut,” tegasnya.

Lebih lanjut Yoseph Nahak menambahkan kegiatan ini menghadirkan para pelajar, diharapkan mereka bisa menginformasikan kepada keluarga dan ASN, karena ASN ini juga konsumen yang potensial terhadap produk –produk usaha, dan acaman yang paling besar adalah produk –produk ilegal, produk yang masuk dari luar tanpa mengantongi ijin dan mengandung bahan –bahan yang berbahaya.

“ Saya harapkan melalui kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan dari masyarakat atau konsumen sehingga mereka mampu mengetahui kosmetik yang baik seperti apa dan makanan yang baik itu seperti apa ,” kata Yoseph Nahak.

Pemateri pada kegiatan sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dan Makanan ini yakni Kasie Informasi dan Komunikasi Balai POM di Kupang – Drs.Yoseph Nahak Klau, Apt., M.Sc dengan materinya Keamanan makanan dan kiat – kiat memilih kosmetika. Materi kedua yakni Kampanye cerdas memilih kosmetik oleh Kasie Pengujian Mikro Biologi Balai POM di Kupang – Drs. Jafet Rampo, Apt.

Berita/Foto: Asih Mukti & Bene Luan

Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published.